Inggris Disebut Undang Korea Utara Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Tapi hanya untuk Tingkat Duta Besar
Peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Istana Buckingham ke Westminster Hall. (Tangkapan layar YouTube Channel The Royal Family Channel)

Bagikan:

JAKARTA - Inggris mengundang perwakilan dari Korea Utara untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth pada Hari Senin pekan, sebut sumber Kantor Luar Negeri Inggris pada Hari Rabu.

Sumber itu juga melanjutkan, Afghanistan, Suriah dan Venezuela akan masuk daftar negara yang tidak akan diundang menghadiri pemakaman.

"Undangan untuk Korea Utara akan berada di tingkat duta besar," kata sumber itu, melansir Reuters 14 September.

Suriah dan Venezuela tidak akan diundang karena Inggris saat ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara-negara tersebut. Afghanistan tidak diundang karena situasi politik saat ini, lanjut sumber itu.

Dengan demikian, Suriah, Venezuela dan Afghanistan, bergabung dengan Rusia, Myanmar serta Belarusia ke dalam daftar negara yang tidak diundang.

Diketahui, pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung di London pada 19 September.

Ratusan pejabat asing akan bergabung dengan anggota keluarga Kerajaan, perdana menteri Inggris dulu dan sekarang hingga tokoh-tokoh penting di Westminster Abbey, gereja bersejarah yang dapat menampung sekitar 2.000 orang, pada pukul 11.00 waktu setempat, melansir Telegraph.

"Ini adalah acara internasional terbesar yang kami selenggarakan dalam beberapa dekade," kata sumber Whitehall.

Undangan dikirim selama akhir pekan kepada kepala negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Inggris. Untuk sebagian besar negara, itu berarti kepala negara ditambah satu tamu.