Inggris Undang Indonesia Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Siapa akan Hadir?
Peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Istana Buckingham ke Westminster Hall. (Tangkapan layar YouTube Channel The Royal Family Channel)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia termasuk dalam negara yang mendapatkan undangan dari Kerajaan Inggris, untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II Senin pekan depan.

Ratusan kepala negara dan pejabat asing diperkirakan akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth di London, Inggris. Pemimpin Amerika Serikat hingga Presiden Korea Selatan akan hadir. Indonesia pun disebutkan mendapat undangan untuk menghadiri pemakaman tersebut.

"Ada diundang," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah melalui pesan singkat Rabu 14 September malam, saat dikonfirmasi mengenai undangan untuk Indonesia.

"Saya belum terinfo siapa yang akan hadir," sambungnya.

Diketahui, pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung di London pada 19 September.

Ratusan pejabat asing akan bergabung dengan anggota keluarga Kerajaan, perdana menteri Inggris dulu dan sekarang hingga tokoh-tokoh penting di Westminster Abbey, gereja bersejarah yang dapat menampung sekitar 2.000 orang, pada pukul 11.00 waktu setempat.

"Ini adalah acara internasional terbesar yang kami selenggarakan dalam beberapa dekade," kata sumber Whitehall, mengutip Telegraph.

Undangan dikirim selama akhir pekan kepada kepala negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Inggris. Untuk sebagian besar negara, itu berarti kepala negara ditambah satu tamu.

Selain keluarga Kerajaan Inggris, Presiden AS Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda, Pangeran Albert II dan Putri Charlene, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol hingga Kaisar Jepang Naruhito dikabarkan akan menghadiri pemakaman.