Unit Pasukan NATO Terdekat dengan Perang Ukraina Unjuk Gigi di Rumania
Ilustrasi latihan militer NATO. (Sumber: NATO)

Bagikan:

JAKARTA - Unit pasukan (Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang paling dekat dengan perang di Ukraina, melakukan latihan militer terjadwal untuk mengantisipasi kemungkinan invasi.

Berbasis di Rumania dekat perbatasan selatan Ukraina, pasukan NATO mengadakan gladi bersih mengantisipasi pasukan musuh yang maju dari utara.

Kelompok tempur NATO, yang terdiri dari tentara Prancis dan Belanda, dikerahkan di sana sebagai akibat langsung dari perang Ukraina dengan Ukraina.

Mereka dipersiapkan untuk mengantisipasi perang yang meluas ke perbatasan Rumania, meskipun tidak ada yang secara terbuka mendiskusikan kemungkinan itu.

Sementara, para pejabat mengatakan latihan mereka adalah bagian dari latihan 'rutin'.

"Konteksnya berbeda, tetapi pelatihannya tetap sama," kata Kolonel Christophe Degand, Komandan Forward Presence Battlegroup NATO di Rumania, dilansir dari Euronews 14 September.

"Ada tren global di dalam angkatan bersenjata untuk melatih pertarungan antar-sesama yang sedang berlangsung sebelum krisis Ukraina, jadi saya pikir kami telah melakukan pekerjaan yang cukup bagus untuk membayangkan apa yang akan menjadi konflik berikutnya."

"Kami adalah unit terdekat yang dikerahkan untuk krisis (di Ukraina), sehingga memiliki elemen spesifik, tetapi saya tidak melihat perubahan besar dalam pelatihan," pungkasnya.