Antisipasi Rusia, NATO Pertimbangkan Bangun Empat Kelompok Tempur Multinasional di Eropa Tenggara
Ilustrasi pasukan multinasional NATO. (Wikimedia Commons/NATO Training Mission-Afghanistan)

Bagikan:

JAKARTA - Para Menteri Pertahanan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), diperkirakan akan menjalankan rencana yang dapat membentuk empat kelompok tempur multinasional di Eropa tenggara sebagai tanggapan atas pembangunan militer Rusia di Ukraina minggu ini, kata tiga diplomat.

Pertemuan para menteri Sekutu pada Hari Rabu dan Kamis bakal memutuskan, apakah akan memerintahkan komandan militer mereka untuk menyusun rencana untuk mengerahkan kelompok-kelompok tempur masing-masing sekitar 1.000 tentara ke Bulgaria dan Rumania, dan mungkin ke Slovakia dan Hongaria.

Dengan pertemuan NATO ketika Amerika Serikat memperingatkan invasi Rusia yang akan segera terjadi ke Ukraina, para diplomat mengatakan kepada Reuters, para menteri kemungkinan akan menyetujui langkah pertama mengarahkan komandan untuk membuat rencana terperinci, untuk empat kelompok pertempuran di darat.

"Akan ada tugas yang memungkinkan kami untuk meningkatkan, tetapi juga untuk mengurangi jika Rusia menarik kembali militernya," kata seorang diplomat senior NATO, melansir Reuters 15 Februari.

Ini menekankan setiap kelompok pertempuran baru akan berada berbeda daro tawaran sekutu baru-baru ini oleh Inggris, Amerika Serikat, dengan kapal dan pesawat lain untuk memperkuat sayap timur NATO.

Ukraina bukan anggota NATO dan aliansi tersebut tidak memiliki kewajiban perjanjian untuk mempertahankannya. Bala bantuan di Laut Hitam akan menunjukkan tekad di kawasan penting yang strategis, dan di negara-negara seperti Hongaria dan Slovakia yang berbatasan dengan Ukraina.

nato
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (Wikimedia Commons/U.S. Department of State)

Setiap keputusan akhir tentang penyebaran akan datang kemudian, meskipun baik Prancis dan Bulgaria telah menawarkan untuk memimpin kelompok pertempuran di Rumania dan Bulgaria masing-masing.

Langkah itu akan menjadi perubahan postur kekuatan terbesar NATO sejak membentuk kelompok tempur di Estonia, Lituania, Latvia dan Polandia, didukung oleh tank, pertahanan udara dan unit intelijen dan pengawasan, sebagai tanggapan atas aneksasi Rusia atas Krimea di 2014.

Setiap pengerahan akan bertentangan dengan tuntutan keamanan Moskow, agar aliansi tersebut menarik pasukan dari Eropa timur.

NATO menegaskan, format battlegroup yang digunakan di Baltik bukanlah penempatan pasukan yang permanen, melainkan kehadiran 'persisten' dari tentara yang bergantian sebagai tripwire, untuk pasukan respons yang lebih besar jika Rusia menyerang wilayah NATO.

Pekan lalu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah mengisyaratkan kemungkinan lebih banyak kelompok tempur.

"Kami sedang mempertimbangkan penyesuaian jangka panjang untuk postur kami, kehadiran kami di bagian timur aliansi. Tidak ada keputusan akhir yang dibuat mengenai hal itu tetapi ada proses yang sekarang sedang berlangsung di dalam NATO," sebutnya 7 Februari lalu.

Sementara itu, seorang pejabat Kepresidenan Prancis mengatakan pasukan negara itu akan dikerahkan ke Rumania, hanya setelah keputusan NATO. Namun, dengan Slovakia dan Hongaria waspada memprovokasi Rusia, diplomat mengatakan aliansi dapat menghindari salinan model kelompok pertempuran Baltik di tenggara.

Sebagai gantinya, NATO dapat mempertimbangkan kekuatan multinasional yang dipimpin oleh Prancis di Rumania, yang akan mengoordinasikan latihan sekutu di Eropa timur dan memungkinkan pasukan mengalir masuk dan keluar dari wilayah tersebut tanpa membentuk kehadiran resmi.