Serangan Balasan Berjalan Sukses Beberapa Hari Terakhir, Ukraina Ingin Bebaskan Semua Wilayah yang Diduduki Rusia
Presiden Zelensky bersama sejumlah komandan militer Ukraina. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Ukraina mengarahkan pandangannya untuk membebaskan semua wilayah yang diduduki oleh invasi pasukan Rusia, setelah mengusir mereka kembali dalam serangan balasan cepat di timur laut, sementara ada indikasi lebih banyak bantuan militer AS dalam perjalanan untuk mendukung misi Ukraina.

Dalam pidato malam hari, Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan sekitar 8.000 km persegi (3.100 mil persegi) telah dibebaskan sejauh ini, tampaknya semua di wilayah timur laut Kharkiv.

"Langkah-langkah stabilisasi telah diselesaikan di sekitar setengah dari wilayah itu," kata Presiden Zelensky, melansir Reuters 14 September.

"Dan di seluruh wilayah yang dibebaskan dengan ukuran yang kira-kira sama, langkah-langkah stabilisasi masih berlangsung," lanjutnya.

Luas total yang dikutip oleh Zelenskiy kira-kira seukuran Pulau Kreta Yunani. Reuters tidak dapat segera memverifikasi cakupan penuh keberhasilan medan perang yang diklaim oleh Ukraina.

Sejak Moskow meninggalkan benteng utamanya di timur laut pada Hari Sabtu, menandai kekalahan terburuknya sejak hari-hari awal perang, pasukan Ukraina telah merebut kembali lusinan kota dalam perubahan momentum medan pertempuran yang menakjubkan.

militer rusia di ukraina
Ilustrasi kendaraan militer Rusia yang berhasil dihancurkan di Ukraina. (Wikimedia Commons/mvs.gov.ua/Міністерство внутрішніх справ України)

Terpisah, berbicara di alun-alun pusat Balakliia, pusat pasokan militer penting yang diambil oleh pasukan Ukraina akhir pekan lalu, Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Malyar mengatakan 150.000 orang telah dibebaskan dari kekuasaan Rusia di daerah itu.

Bendera Ukraina telah dikibarkan dan kerumunan besar berkumpul untuk menerima paket bantuan kemanusiaan. Sebuah pusat perbelanjaan telah dihancurkan tetapi banyak bangunan tetap utuh, dengan toko-toko ditutup dan ditutup.

"Tujuannya adalah untuk membebaskan wilayah Kharkiv dan sekitarnya, semua wilayah yang diduduki oleh Federasi Rusia," tutur Malyar di jalan menuju Balakliia, yang terletak 74 km (46 mil) tenggara Kharkiv.

Di Washington, Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat kemungkinan akan mengumumkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina dalam "beberapa hari mendatang".

Pasukan Rusia telah meninggalkan posisi bertahan, khususnya di dalam dan sekitar Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, kata seorang juru bicara AS.

Dikatakan, pasukan Rusia masih menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina di selatan dan timur, tetapi Kyiv sekarang melakukan ofensif di kedua wilayah tersebut.

Dengan pasukan Rusia di bawah tekanan, Kanselir Jerman Olaf Scholz melakukan panggilan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Scholz meminta Putin untuk menemukan solusi diplomatik sesegera mungkin, berdasarkan gencatan senjata, penarikan penuh pasukan Rusia, dan menghormati integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina, kata juru bicara pemerintah Jerman.