Bagikan:

JAKARTA - Komando tertinggi militer Ukraina mengatakan pada Hari Senin, pasukannya telah menghancurkan seluruh, 35 unit, pesawat tak berawak Shahed buatan Iran yang diluncurkan Rusia semalam ke berbagai target di wilayah negara itu.

"Federasi Rusia (juga) meluncurkan 16 serangan rudal semalam, khususnya di Kota Kharkiv, Kherson, Mykolaiv dan wilayah Odesa," Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan dalam pembaruan hariannya, melansir Reuters 8 Mei.

Lebih jauh Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina menambahkan, sebanyak 61 serangan udara dan 52 serangan dari sistem tembakan salvo roket berat diluncurkan selama satu hari terakhir terhadap posisi pasukan Ukraina dan daerah-daerah berpenduduk.

"Sayangnya, ada warga sipil yang tewas dan terluka, gedung-gedung bertingkat, rumah-rumah pribadi, dan infrastruktur sipil lainnya yang rusak," kata laporan itu.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Sementara itu, Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko, mengatakan bahwa setidaknya lima orang terluka di ibu kota di tengah-tengah kerusakan yang terjadi pada gedung-gedung dan infrastruktur.

Diberitakan sebelumnya, Ukraina tengah mempersiapkan serangan balasan untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang diduduki Rusia lewat invasi Februari tahun lalu, di mana persiapannya dikatakan sudah masuk tahap akhir pekan lalu.