SOM Awali KTT ke-42 ASEAN, Bahas Sejumlah Isu Penting dan Prioritas Keketuaan Indonesia
Dirjen Kerja Sama ASEAN Kemlu RI Sidharto Reza Suryodipuro. (Sumber: Kementerian Luar Negeri RI)

Bagikan:

JAKARTA - Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 yang dimulai Hari Senin ini, diawali dengan pertemuan Pejabat Senior ASEAN atau ASEAN Senior Officials' Meeting (SOM).

Pertemuan berlangsung di The Golo Mori Convention Center di kawasan MICE Golo Mori, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"SOM akan membahas sejumlah hal, termasuk prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 serta persiapan penyelenggaraan rangkaian pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri (Menlu) negara-negara ASEAN dan KTT ke-42 ASEAN 2023,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah di Labuan Bajo, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri, Senin 8 Mei.

ASEAN SOM merupakan pertemuan tingkat Pejabat Senior dari kementerian luar negeri masing-masing negara anggota ASEAN. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh pejabat dari Sekretariat ASEAN. Hasil-hasil pertemuan SOM ASEAN akan dilaporkan dan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan di tingkat Menlu ASEAN.

Diketahui Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto Reza Suryodipuro yang juga sebagai SOM Leader Indonesia memimpin jalannya pertemuan SOM ASEAN.

Para Pemimpin ASEAN akan mulai membahas sejumlah isu penting dalam rangka mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan, serta memperkuat ketahanan ekonomi ASEAN.

Upaya ini sejalan dengan tema yang diusung dalam Keketuaan Indonesia, "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth."

Diketahui, rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023 yang berlangsung pekan ini akan menghadirkan delapan pemimpin negara ASEAN, ditambah Sekjen ASEAN dan Perdana Menteri Timor Leste (sebagai peninjau), untuk membahas sejumlah isu kepentingan bersama ASEAN.