Anies Klaim Warga Lebih Minat Tinggal di Rumah DP Rp0 Dibanding Apartemen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Diah/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim minat masyarakat lebih tinggi untuk tinggal di Rumah DP Rp0 dibandingkan apartemen.

Pernyataan Anies Baswedan ini dia sampaikan saat peresmian pembangunan 1.348 unit Rumah DP Rp0 bernama Nuansa Cilangkap di Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

Anies mengklaim, angka hunian pada rumah DP Rp0 yang telah dibangun Pemprov DKI selama ini telah terisi 95 persen. Sementara, angka keterisian pasar apartemen yang ada di Jakarta baru sekitar 70 persen.

"Kalau kita perhatikan, angka huniannya saya cek sekitar 95 persen. Keterisian program DP 0 ini lebih tinggi daripada pasar, karena pasar apartemen keterisiannya baru 70 persen," kata Anies di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 8 September.

Bahkan, Anies menyebut saat ini telah ada 55 ribu warga Jakarta yang melakukan pendaftaran untuk bisa mendapatkan rumah dalam program DP Rp0 ini. Meskipun, tidak semua lolos seleksi admisnistrasi perkreditan pada perbankan.

"Kita memang memiliki demand yang tinggi. Kalau lihat data, lebih dari 55 ribu yang mendaftar untuk ikut program DP 0. Jadi, DP 0 ini sebuah skema yang menarik bagi swasta, workable. Sekarang ada 700 unit pembangunan sedang antre dan insyaallah tuntas 2024," urainya.

Anies menuturkan, sasaran rumah DP Rp0 merupakan warga Jakarta yang memiliki penghasilan di atas upah minimum provinsi (UMP) dan mereka sulit untuk mengeluarkan DP untuk membeli rumah pada pengembang-pengembang properti swasta.

"Mereka yang di atas UMP tapi tidak cukup bisa menabung untuk punya DP. Penghasilannya ada, tapi untuk nabung DP sulit. Habis tiap bulan. Nah, kelompok ini yang kemudian disiapkan program DP Rp0," urainya.

Anies mengulas, pembangunan Rumah DP Rp0 di Cilangkap yang baru diresmikan ini mulai dicanangkan pada tahun 2019 lalu. Konstruksi ini tetap berjalan selama pandemi. Setelah tiga tahun, konstruksi Rumah DP Rp0 akhirnya sudah bisa dihuni.

"Waktu berjalan, ada pandemi, dan akhirnya waktu pertama itu sekarang sudah tuntas menjadi sebuah bangunan yang luar biasa," ujar Anies.

Kepada calon penghuni Rumah DP Rp0 Cilangkap, Anies berpesan agar mereka tetap bisa menjaga kerukunan dan kebersamaan dalam hidup bersama pada satu lingkungan.

"Walaupun secara legal kepemilikannya satu-satu unit, tapi ingatlah, bangunan ini milik kita semua. Rawat dan suasananya dibangun dengan baik. Jadi, kami ingin agar rusun-rusun yang ada di Jakarta mencerminkan Indonesia, suasana kebersamaan, bukan suasana individualisme, suasana gotong royong, dan itu suasana Indonesia. Rawat dengan baik. Pesan saya itu," imbuhnya.