Moeldoko Minta Politeknik Gusdurian Bisa Wujudkan Nilai-Nilai Gus Dur
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko pada acara peresmian dan pengukuhan Polteknik Gusdurian Purwokerto, Jawa Tengah, Jum’at  2 September. (Foto KSP)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko menghadiri peresmian dan pengukuhan Politeknik Gusdurian Purwokerto, Jawa Tengah, Jum’at 2 September. Pada kesempatan itu, Moeldoko menyampaikan harapannya agar Politkenik Gusdurian mampu wujudkan nilai-nilai Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau yang biasa disapa dengan Gus Dur.

Moeldoko mengatakan, Gus Dur merupakan tokoh bangsa yang sangat konsisten membela masyarakat yang lemah, miskin., dan terpinggirkan. Gus Dur juga menjadi paling depan dalam memperjuangkan semangat toleransi dan menjaga kebhinekaan Indonesia.

“Pemikiran dan nilai-nilai Gus Dur inilah yang harus mampu diejawentahkan (dijalankan) dalam pengelolaan Politeknik Gusdurian, ,” tegas Moeldoko.

Moeldoko yang dijuluki Penjaga NKRI ini juga optimistis, Politeknik Gusdurian bisa melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki karakter kuat, sehingga mampu bersaing di tengah situasi global yang semakin kompetitif.

Karakter kuat tersebut, lanjut dia, harus dilandaskan pada sembilan nilai utama Gus Dur, yakni ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, kesatriaan, dan kearifan tradisi.

“Sembilan nilai utama pemikiran Gus Dur ini sangat sejalan dengan Visi SDM Unggul 2045 yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Untuk itu, Poltek Gusdurian harus bisa membawa optimisme Indonesia Maju,” pungkas Moeldoko.