Cak Imin Absen di Acara PBNU, PKB Ogah Komentari Spekulasi Jaga Jarak dengan NU
Ketum PKB Muhaimin Iskandar/FOTO DOK via Instagram pribadi

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin absen dalam acara pengukuhan PBNU di Balikpapan, Kalimantan Timur. Padahal pada kepengurusan sebelumnya, Cak Imin aktif dalam berbagai acara PBNU.

Ada pihak yang berspekulasi Cak Imin kecewa dengan kepengurusan PBNU yang baru. Bahkan, ada yang nilai PKB menjaga jarak dengan NU.

Menanggapi spekulasi itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid enggan berkomentar.

"Mohon topik lain saja," ujar Jazilul saat dikonfirmasi, Rabu, 2 Februari.

Sebelumnya, Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menilai, ketidakhadiran Cak Imin tersebut bukan hal yang mengejutkan.

Pasalnya, Cak Imin bukanlah bagian dari gerbong Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya yang ingin mengembalikan NU ke khittahnya sebagaimana yang dicita-citakan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Cak Imin, kata Jamiluddin, juga dinilai sosok yang tidak loyal kepada Gus Dur.

"Indikasi ke arah itu terlihat saat Cak Imin mengambil alih Ketua Umum PKB. Kejadian tersebut tampaknya masih membekas di kalangan Gusdurian," ujar Jamiluddin di Jakarta, Rabu, 2 Februari.

Karena alasan tersebut, menurut Jamiluddin, kepengurusan PBNU di bawah kepemimpinan Gus Yahya saat ini memasang jarak dengan PKB. Khususnya dengan Cak Imin. Sebab dengan begitu, kata dia, NU bisa ideal seperti yang diinginkan Gus Dur, yakni ada di mana-mana.

"Jadi, NU tampaknya ingin menunjukkan bukan bagian dari PKB. NU ingin mengatakan, PKB lah yang menjadi bagian dari NU. Pemikiran ini logis, karena memang NU yang membentuk PKB," tegas Jamiluddin. 

Sementara, Direktur Pusat Riset Politik Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, menilai absennya Cak Imin di acara PBNU lantaran kecewa dengan komposisi di organisasi Islam yang dipimpin Yahya Cholil Staquf.

Di mana, para tokoh PKB di kepengurusan PBNU bukanlah berasal dari lingkaran utama pendukung Cak Imin. Gus Yahya justru mengakomodir sejumlah partai politik dalam kepengurusan PBNU.

"Itu bisa jadi karena terdapat banyak parpol lain seperti PDIP, Golkar, dan PPP juga diakomodir dalam kepengurusan PBNU. Ia (Cak Imin) merasa 'untuk apa berjuang bersama PBNU kalau tidak diuwongke' diorangkan di PBNU. Selain itu Cak Imin lebih condong memberikan dukungan kepada Said Aqil Siroj, sehingga dalam komposisi kepengurusan PBNU tidak terlalu mengakomodir dari PKB," kata Saiful, Rabu, 2 Februari.