Gelar Arak-arakan Hingga Hadirkan Pasha Ungu, Tiga Ketum Partai KIB Kompak akan Daftar ke KPU Pagi Ini
Tiga Ketum Partai Anggota Koalisi Indonesia Bersatu alias KIB. ( Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dijadwalkan bersama-sama mendaftar sebagai peserta pemilu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini Rabu, 10 Agustus, sekitar pukul 10.00 WIB.

Pendaftaran akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Adapun rangkaian acara KIB akan dimulai dua jam sebelum pendaftaran. Arak-arakan ketiga ketum partai direncanakan meriah.

Pukul 08.00 WIB peserta berkumpul di Plaza Mandiri, Jl. Imam Bonjol, Jakarta, sebelum memulai pawai ke gedung KPU. Kemudian pukul 08.45 WIB ada iring-iringan marching band dilanjutkan marawis, dan seni reog Ponorogo.

Pukul 09.25 WIB ada penampilan dari artis-artis ibu kota yang juga kader dari PAN, salah satunya Pasha Ungu lengkap dengan gerobak pengamen disambut tarian Daerah Papua.

Pukul 09.35, ketiga ketua umum partai ditambah 10 milenial berbaju adat dan atraksi Enggrang hadir di gedung KPU RI. Didampingi 150 kader dari gabungan tiga partai. Pukul 10.00 WIB KIB yakni Partai Golkar, PAN dan PPP mendaftarkan secara bersama-sama sebagai peserta pemilu.

"Bang Zulkifli Hasan, Pak Airlangga Hartarto, dan Bang Suharso Monoarfa akan hadir langsung mendaftarkan partainya masing-masing ke KPU RI," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Selasa, 9 Agustus.

Viva menegaskan, pendaftaran bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ke KPU ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa koalisi di KIB adalah koalisi sepenuh hati, kompak, solid.

"Bukan hanya untuk Pilpres 2024, tetapi akan berlanjut sampai di Pilkada bulan November 2024," kata Viva.

Viva mengungkapkan, pada pendaftaran esok hari KIB akan diiringi arak-arakan dan pawai untuk memeriahkan acara pendaftaran ke KPU RI. "Misalnya ada musik dari Pasha Ungu dan artis ibu kota, marching band, tarian Nusantara, dan hiburan lain," katanya.

Menurut Viva, daftar bareng itu adalah momentum untuk menunjukkan ke publik bahwa KIB telah melengkapi persyaratan verifikasi administrasi 100 persen sebagai peserta pemilu.

"Juga mendeklarasikan bahwa KIB telah siap menyongsong pemilu 2024 dengan menjaga proses demokrasi agar berjalan secara konstitusional dan mewujudkan pemilu yang Luber, Jurdil, dan berintegritas," pungkas Viva.