KIB Bakal Gelar Acara di Surabaya Sampaikan Visi-Misi, Sekaligus Deklarasi Airlangga Capres 2024?
Koalisi Indonesia Bersatu di Kantor KPU, Jakarta (Foto: Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Partai Golkar, PAN dan PPP telah resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU RI.
 
Dalam pendaftaran hari ini, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa kompak hadir bersama pada pukul 10.10 WIB. 
 
Disebut-sebut, KIB bakal mencalonkan figur internal pada Pilpres 2024. Isunya, Airlangga Hartarto akan menjadi capres, KIB hanya tinggal menentukan cawapres. 
 
Lalu, benarkah Airlangga bakal dicalonkan sebagai capres 2024 dari KIB? 
 
Menanggapi hal itu, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa meminta publik menunggu waktu deklarasi resmi dari KIB. 
 
"Deklarasi capres itu tunggu waktunya harus sabar," ujar Suharso di Gedung KPU, Jakarta, Rabu, 10 Agustus. 
 
Menteri Bappenas itu mengungkapkan KIB akan mengelar acara di Surabaya pada 14 Agustus mendatang. 
 
Namun Suharso tak menjelaskan secara gamblang apakah di acara tersebut akan diumumkan capres dari KIB. Dia hanya menyebut, KIB akan menyampaikan visi misi pada acara di kota pahlawan itu. 
 
"Di Surabaya akan menyampaikan visi misi. Kita akan menyampaikan program-program yang kita unggulkan, yang kita tawarkan kepada masyarakat Indonesia, kepada pemilih. Dan seperti tadi yang disampaikan oleh pak Zul dan pak Airlangga ke depan kita ingin menghadirkan sebuah pemilu yang cerdas, pemilu yang tidak membelah tidak kemudian A atau B, kanan kiri, kita ingin sesuatu yang inklusif itu tadi, dan saya mengatakan pemilu yang cerdas itu yang kita inginkan," jelas Suharso. 
 

 
Suharso mengatakan, hingga kini KIB belum mengundang Presiden Joko Widodo pada acara penyampaian visi misi di Surabaya. Pasalnya, rencana itu baru dibahas di internal koalisi. 
 
"Enggak belum diundang. Ini baru antara kami dulu," katanya.