Minta Perhatikan Pemilih di Lapas, Kemenkumham Gotontalo Serahkan Data Narapidana ke KPU
Ilustrasi narapidana di lapas. (Antara)

Bagikan:

GORONTALO - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo menyerahkan data warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kabupaten Bone Bolango.

"Ini dilakukan dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 nanti," ujar Kakanwil di Gorontalo, dikutip dari Antara, Selasa 9 Agustus.

Ia mengungkapkan, pertemuan bersama KPU Provinsi Gorontalo yang turut dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan dan kepala Unit Pelaksana Teknis itu merupakan bentuk sinergi dalam rangka memastikan daftar pemilih tahun 2024.

"Khususnya dari jajaran Warga Binaan Pemasyarakatan," ujar Kakanwil.

Hal tersebut perlu dilakukan dan meminta jajaran KPU agar memperhatikan data pemilih khususnya narapidana yang berada di lapas.

"Saya meminta kepada KPU agar menyampaikan apa yang harus kami lakukan. Jangan pernah ragu, agar kami tahu apa yang harus kami lakukan terkait Pemilu nanti," pinta nya.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem menyambut baik dan mengapresiasi data narapidana yang diberikan oleh Kemenkumham Gorontalo.

"Sangat membantu, kita sudah bisa memprediksi, dan sudah bisa memetakan mana warga binaan di Gorontalo, mana pemilih yang bukan orang Gorontalo, mana yang belum memiliki KTP elektronik dan para pemilih yang sudah memiliki KTP elektronik," ucap dia.

Termasuk pemilih anak-anak yang pada tahun 2024 nanti diperkirakan akan menggunakan hak pilihnya.