Anda Termasuk Penggemar Elvis Presley? Jet Pribadi hingga Gitar Miliknya Bakal Dilelang di Los Angeles <i>Nih</i>
Jet pribadi milik Elvis yang akan dilelang. (Sumber: GWS Auctions via The National News)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda termasuk penggemar Elvis 'King of Rock and Roll' Presley? Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki hampir 200 barang koleksi pribadinya yang akan dilelang bulan ini.

Item yang menarik perhatian dalam lelang kali ini tentu saja jet pribadi Lockheed Jetstar, yang dibeli oleh Elvis untuk ayahnya Vernon Presley pada tahun 1976, setahun sebelum kematian sang 'Raja'.

Pesawat tersebut sebelumnya didaftarkan dijual pada tahun 2018, ketika terdaftar di Dubizzle, situs iklan baris online terbesar di Uni Emirat Arab, tetapi telah terparkir di gurun New Mexico sejak saat itu.

Dengan ruang untuk delapan penumpang, pesawat buatan tahun 1962 ini memiliki interior beludru merah, karpet tebal dan panel kayu. Ada kamar mandi dan sistem musik, ideal untuk pembeli yang ingin mendengarkan Burning Love, All Shook Up, atau ratusan lagu Elvis lainnya.

Pesawat ini merupakan satu dari hanya 204 unit sejenis yang merupakan proyek pribadi antara Jetstar dan Lockheed, pesawat itu menjadi favorit dengan A-lister seperti Frank Sinatra, Presiden Lyndon B Johnson dan legenda musik country Kenny Rogers, yang semuanya memiliki tipe yang sama.

Bekas jet Elvis ini masih dimiliki oleh seorang penggemar berusia 80 tahun yang ingin melihat pesawat tersebut direstorasi, kata GWS Auctions, perusahaan yang memfasilitasi penjualan tersebut.

interior jet pribadi elvis
Interior jet pribadi Elvis yang akan dilelang. (Sumber: GWS Auctions via The National News)

Tetapi, setiap pemilik baru yang berharap untuk membawa jet penyanyi itu ke udara mungkin menghadapi tantangan. Pesawat tidak memiliki mesin dan sebagian besar komponen dari kokpitnya hilang, membuatnya tidak lagi layak terbang.

Menariknya lagi, pesawat tersebut akan dijual dengan surat dari mantan istri Elvis, Priscilla Presley.

"Ini adalah bagian sejarah yang sangat penting karena itu adalah satu-satunya jet yang dibeli Elvis bersama ayahnya. Elvis selalu ingin mendukung usaha wiraswasta ayahnya, terutama setelah kehilangan ibunya begitu cepat. Elvis sangat mencintai dan menghormati ayahnya dan jet ini adalah bagian dari dirinya dan hati ayahnya," tulisnya dalam surat tersebut, melansir The National News 3 Agustus.

Tak hanya itu, pembeli nantinya juga akan menerima salinan lengkap dari Dokumen Bersertifikat Pita Biru Administrasi Penerbangan Federal tentang sejarah pesawat.

Kabar baiknya lagi, jet pribadi itu bukan satu-satunya kenang-kenangan Elvis yang dilelang di Hotel Sunset Marquis, Los Angeles, Amerika Serikat pada 27 Agustus mendatang.

Di antara barang-barang yang dilelang antara lain, gitar Hagstrom V2 tahun 1968 milik Elvis, yang memiliki label harga 750.000 dolar AS, papan lirik Heartbreak Hotel asli seharga 50.000 dolar AS hingga sedan Lincoln Continental Limousine 1973, yang dimiliki dan dikendarai oleh sang bintang.

Ada juga banyak koleksi perhiasan pribadi milik Elvis dan manajernya Kolonel Tom Parker, termasuk cincin bertatahkan permata, kancing manset emas dan jam tangan mewah. Barang-barang tersebut merupakan bagian dari koleksi yang hilang dan bukan milik Priscilla Presley.