Tertinggal 34 Angka di Belakang Liz Truss dalam Jajak Pendapat Calon PM Inggris, Rishi Sunak: Masih Awal
Rishi Sunak. (Wikimedia Commons/HM Treasury)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak mengatakan masih 'hari-hari awal', setelah dirinya tertinggal 34 angka di belakang sang pesaing Liz Truss dalam jajak pendapat calon Perdana Menteri Inggris.

Partai Konservatif yang berkuasa sedang memilih pemimpin baru setelah Boris Johnson dipaksa untuk mengumumkan pengunduran dirinya, ketika para menteri mengundurkan diri secara massal dari pemerintahan dengan alasan serangkaian skandal dan kesalahan langkah selama 12 bulan terakhir.

Sunak, yang pengunduran dirinya membantu memicu kejatuhan PM Johnson, dan Menteri Luar Negeri Truss adalah dua kandidat yang tersisa dalam kontes tersebut. Anggota partai akan memberikan suara melalui surat suara selama beberapa minggu ke depan dengan pemenang diumumkan pada 5 September.

"Ini masih hari-hari awal dan saya menantikan untuk bertemu lebih banyak lagi dari Anda dalam beberapa minggu mendatang," kata Sunak dalam sebuah tweet sebelum berkampanye di antara anggota Partai Konservatif yang berkuasa pada Hari Rabu, melansir Reuters 3 Agustus.

Pemenang kontes kepemimpinan partai akan mewarisi mayoritas parlemen dan dengan otomatis akan menjadi perdana menteri.

Pada hari Selasa sebuah jajak pendapat menunjukkan Menteri Luar Negeri Truss memimpin 34 poin atas Sunak di antara anggota Partai Konservatif, dengan 86 persen mengatakan kepada jajak pendapat YouGov, mereka telah memutuskan bagaimana mereka akan memilih.

Truss mengalami kesalahan langkah besar pertama dari kampanyenya pada hari Selasa, ketika dia dipaksa untuk mundur dari salah satu janjinya yang paling mencolok, sehari setelah mengumumkannya menyusul reaksi dari rekan-rekan Konservatif dan partai-partai oposisi.

Ia telah menetapkan rencana untuk menghemat miliaran pound per tahun dalam pengeluaran pemerintah, dalam janji yang dikatakan lawan akan membutuhkan pemotongan gaji pekerja sektor publik, termasuk perawat dan guru, di luar tenggara Inggris yang kaya.

Sunak telah berjuang dalam perlombaan, sebagian karena perannya dalam pengunduran diri Johnson dan atas catatannya di pemerintahan.

Sebagai menteri keuangan, Sunak menerapkan kenaikan pajak untuk membayar dukungan pemerintah yang ditawarkan selama pandemi COVID-19, termasuk untuk membantu warga Inggris mensubsidi tagihan energi yang melonjak. Itu telah menuai kritik dari banyak aktivis di partai dengan pajak rendah secara historis.

Sunak telah berjanji untuk memotong pajak dari waktu ke waktu untuk menghindari memicu inflasi, tetapi Truss mengatakan dia akan segera bertindak untuk menurunkan beban pajak.