Rangkaian Pemilihan Dimulai Besok, PM Baru Inggris Bakal Diumumkan 5 September: Pemotongan Pajak Jadi Agenda Favorit, Ada Kandidat Kuat?
Kediaman resmi sekaligus PM Kantor Inggris di Downing Street 10, London. (Wikimedia Commons/Suzanne LaGasa)

Bagikan:

JAKARTA - Sedikitnya 11 kandidat calon pemimpin Partai Konservatif sekaligus Perdana Menteri Inggris, sejauh ini bersiap untuk bersaing jelang pemungutan suara putaran pertama akan dimulai pekan ini, untuk mencari pengganti Boris Johnson yang mengundurkan diri.

Komite 1922 anggota parlemen Konservatif yang menyelenggarakan kontes kepemimpinan mengatakan, calon akan membutuhkan setidaknya 20 nominasi dari 358 anggota parlemen partai, untuk melanjutkan ke putaran pertama pemungutan suara pada hari Rabu.

Siapa pun yang kemudian menerima kurang dari 30 suara akan dieliminasi sebelum pemungutan suara lain menyusul pada hari Kamis. Hampir semua pesaing telah menjanjikan pemotongan pajak yang luas untuk memenangkan dukungan dari rekan-rekan mereka. Baca selengkapnya

"Saya sangat ingin kita menyelesaikan ini dengan lancar, bersih, dan secepat mungkin," ujar Graham Brady, ketua panitia, melansir Reuters 12 Juli.

Bidang tersebut akan dipangkas menjadi dua kandidat terakhir oleh anggota parlemen, sebelum pemungutan suara pos anggota Partai Konservatif, yang jumlahnya kurang dari 200.000, berlangsung selama musim panas.

Sementara itu, sebuah jajak pendapat untuk situs web Rumah Konservatif pada Hari Senin menemukan mantan menteri pertahanan Penny Mordaunt adalah yang paling populer di kalangan anggota, diikuti oleh menteri kesetaraan Kemi Badenoch dan Rishi Sunak, yang pengunduran dirinya sebagai menteri keuangan membantu menjatuhkan Johnson.

"Sepertinya ada lapangan yang cukup besar saat ini, kontes yang hidup," kata Brady.

parlemen inggris
Ilustrasi Parlemen Inggris. (Wikimedia Commons/UK government)

"Saya berharap kita akan mengadakan kontes yang sangat konstruktif, tetapi (juga) kesempatan yang sangat bagus untuk debat yang tepat, sehat, dan konstruktif tentang arah masa depan Partai Konservatif," sebutnya.

Pertarungan untuk mengamankan jabatan puncak terjadi setelah salah satu periode paling kacau dalam sejarah politik Inggris modern, ketika lebih dari 50 menteri dan pembantu pemerintah berhenti, mencela karakter, integritas, dan ketidakmampuan Johnson untuk mengatakan yang sebenarnya.

Pemimpin baru juga harus membalikkan dukungan yang menguap untuk Konservatif. Sebuah survei oleh Savanta ComRes pada hari Senin menempatkan oposisi Partai Buruh di 43 persen dibandingkan dengan 28 persen untuk Konservatif, memimpin jajak pendapat terbesar sejak 2013.

Sementara itu, isu pemotongan pajak dengan cepat menjadi pertempuran utama dalam persaingan dengan hampir semua kandidat berjanji untuk memotong pajak bisnis atau pribadi.

Menetapkan nadanya, Menteri Luar Negeri Liz Truss, yang telah memegang pekerjaan menteri di sejumlah departemen pemerintah termasuk perdagangan, keadilan dan perbendaharaan, mengatakan dia akan membalikkan kenaikan baru-baru ini dalam kontribusi Asuransi Nasional dan mengisyaratkan pemotongan pajak perusahaan.

Adapun calon kandidat lainnya Jeremy Hunt dan Sajid Javid keduanya berjanji untuk memotong pajak perusahaan, sementara Mordaunt telah berjanji untuk memotong bea bahan bakar.

Adapun Sunak, meskipun calon terdepan, tetapi dia adalah satu-satunya kandidat yang mengecilkan prospek pemotongan pajak yang akan segera terjadi, dengan mengatakan bahwa adopsi "dongeng yang menghibur" akan membuat generasi mendatang lebih buruk.

Ini telah mendorong para pesaingnya untuk menyerang rekor ekonominya setelah beban pajak naik ke level tertinggi sejak 1950-an. Seorang anggota parlemen mengkonfirmasi, berkas yang mengkritik catatan Sunak telah beredar di grup WhatsApp anggota parlemen.

Nadhim Zahawi, yang ditunjuk sebagai menteri keuangan dalam kekacauan pekan lalu, mengatakan dia juga menjadi sasaran saingan setelah laporan media menimbulkan pertanyaan tentang keuangan pribadi dan catatan pajak mantan pengusaha itu.

Siapa pun yang memenangkan perlombaan kepemimpinan akan menghadapi rintangan yang menakutkan.

Perekonomian Inggris menghadapi inflasi yang meroket, utang yang tinggi, dan pertumbuhan yang rendah, dengan orang-orang menghadapi tekanan paling ketat pada keuangan mereka dalam beberapa dekade, semua diatur dengan latar belakang krisis energi yang diperparah oleh perang di Ukraina yang telah membuat harga bahan bakar melonjak.

Diketahui, Boris Johnson sendiri sejauh ini telah menolak untuk mendukung salah satu kandidat yang beredar sebagai calon pengganti dirinya.

Kandidat Pemimpin Partai Konservatif dan PM Inggris:

  1. Menteri Luar Negeri Liz Truss
  2. Mantan Menteri Kesetaraan Kemi Badenoch
  3. Jaksa Agung Suella Braverman
  4. Menteri Luar Negeri yang baru diangkat Rehman Chishti
  5. Mantan Menteri Kesehatan Jeremy Hunt
  6. Mantan Menteri Kesehatan Sajid Javid
  7. Menteri Perdagangan Penny Mordaunt
  8. Menteri Transportasi Grant Shapps
  9. Mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak
  10. Anggota Parlemen Tom Tugendhat
  11. Mantan Menteri Pendidikan dan Menteri Keuangan Nadhim Zahawi