PM Inggris Rishi Sunak Pecat Ketua Partai Konservatif Nadhim Zahawi Terkait Permasalahan Pajak
PM Inggris Rishi Sunak. (Wikimedia Commons/Downing Street No.10/Rory Arnold)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memecat Ketua Partai Konservatif Nadhim Zahawi pada Hari Minggu, setelah penyelidikan menemukan dia melakukan pelanggaran serius dengan tidak terbuka tentang penyelidikan pajak.

PM Sunak awalnya membela Zahawi, sebelum memerintahkan penasihat independen untuk menyelidiki pertanyaan atas urusan pajaknya, setelah diketahui Zahawi telah menyelesaikan penyelidikan oleh otoritas pajak Inggris HMRC tahun lalu.

Zahawi mengatakan, badan pajak memutuskan dia "ceroboh" dengan pernyataannya, tetapi tidak sengaja membuat kesalahan untuk membayar pajak lebih sedikit, membenarkan bahwa dia membayar denda kepada HMRC.

Penasihat independen PM Sunak, Laurie Magnus mengatakan, Zahawi tidak menyatakan bahwa urusan pajaknya sedang diselidiki, ketika dia sempat diangkat menjadi menteri keuangan tahun lalu, dan gagal untuk mengungkapkan rinciannya ketika Sunak mengangkatnya ke jabatannya saat ini.

"Menyusul selesainya penyelidikan penasihat independen, jelas telah terjadi pelanggaran serius terhadap Kode Menteri," kata PM Sunak dalam surat kepada Zahawi, melansir Reuters 30 Januari.

"Akibatnya, saya telah memberi tahu Anda tentang keputusan saya untuk mengeluarkan Anda dari posisi Anda di Pemerintahan Yang Mulia," sambungnya.

Tanggapan Zahawi terhadap Sunak tidak menyebutkan penyelidikan HMRC atau penasihat independen. Dia menyatakan keprihatinan atas perilaku beberapa media dalam beberapa pekan terakhir, mengatakan dia akan mendukung agenda PM Sunak sebagai anggota parlemen.

"Saya minta maaf kepada keluarga saya atas kerugian yang telah mereka tanggung," ujarnya.

Ini adalah kemunduran bagi upaya Sunak untuk mengatur ulang pemerintahan, setelah tahun yang kacau dengan tiga perdana menteri Inggris yang berbeda. Investigasi atas dugaan intimidasi oleh Wakil Perdana Menteri Dominic Raab sedang berlangsung dan dapat menyebabkan sakit kepala lebih lanjut.

Seorang anggota parlemen Konservatif mengatakan, pemecatan Zahawi adalah "jelas keputusan yang tepat," menambahkan Zahawi "seharusnya mengundurkan diri untuk menghindari rasa malu."

"Raab agak berbeda," kata anggota parlemen yang menolak disebutkan namanya itu.

"Perundungan satu orang adalah arah tegas bagi orang lain." Raab membantah tuduhan intimidasi.

Terpisah, oposisi Partai Buruh mengatakan PM Sunak telah menunjukkan kelemahan dalam menangani kasus Zahawi dan Raab.

nadhim zahawi
Nadhim Zahawi. (Wikimedia Commons/IAEA Imagebank)

"Penting bagi kita sekarang untuk mendapatkan jawaban atas apa yang diketahui Rishi Sunak dan kapan dia mengetahuinya," kata juru bicara Partai Buruh, Bridget Phillipson Hari Minggu.

Pemecatan Zahawi terjadi ketika pemerintah Sunak, menghadapi inflasi yang tinggi selama puluhan tahun dan gelombang pemogokan sektor publik, tertinggal jauh dalam jajak pendapat menjelang pemilu 2024 yang diharapkan.

Magnus mengatakan, detail penyelidikan HMRC sendiri - terkait dengan pendirian bersama Zahawi pada tahun 2000 atas perusahaan jajak pendapat YouGov, dan berapa banyak saham yang diambil ayahnya untuk mendukung peluncurannya - berada di luar cakupan penyelidikannya sendiri.

Tetapi, dia menemukan bahwa Zahawi telah gagal untuk menyatakan penyelidikan HMRC atas urusan tersebut, atau mengakui bahwa itu adalah masalah serius. Zahawi mencirikan laporan Juli lalu atas urusan pajaknya sebagai "jelas-jelas kotor".

Zahawi tidak memperbaiki catatan tersebut sampai minggu lalu, ketika dia mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang.

"Saya menilai keterlambatan mengoreksi pernyataan publik yang tidak benar ini tidak sesuai dengan syarat keterbukaan," kata Magnus dalam surat kepada PM Sunak.

Dia menambahkan, Zahawi telah menunjukkan "kurangnya perhatian" terhadap persyaratan "untuk menjadi pemimpin yang jujur, terbuka dan teladan melalui perilakunya sendiri."

Saat dia menggantikan Liz Truss sebagai perdana menteri setelah masa kekuasaannya yang singkat namun penuh gejolak, Sunak berjanji bahwa "pemerintah ini akan memiliki integritas, profesionalisme, dan akuntabilitas di setiap tingkatan."

Ditanya apakah politisi Konservatif secara konsisten mengikuti aturan mereka sendiri, menteri senior Michael Gove mengatakan "selalu ada orang yang gagal."

"Karena seseorang melakukan kesalahan atau dosa, itu tidak boleh secara otomatis diambil sebagai kesempatan untuk mengutuk seluruh organisasi," katanya kepada BBC.