Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Inggris mengalami pukulan telak, saat menteri keuangan dan menteri kesehatan, dua posisi strategis di pemerintahannya, mengundurkan diri tiba-tiba, atas skandal terbaru yang merusak pemerintahan.

Menteri Keuangan Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan Sajid Javid mengirim surat pengunduran diri kepada PM Johnson dalam beberapa menit satu sama lain, menyebut tak bisa lagi melanjutkan tugasnya dengan hati nurani.

Sebagai ganti, PM Johnson dengan cepat menunjuk mantan pengusaha dan Menteri Pendidikan saat ini, Nadhim Zahawi, sebagai Menteri Keuangan barunya. Sementara Kepala Staf Kantor PM Inggris Steve Barclay, ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan.

Pengunduran diri itu terjadi ketika PM Johnson meminta maaf karena telah menunjuk seorang anggota parlemen untuk peran yang terlibat dalam menawarkan pelayanan pastoral kepada partainya, bahkan setelah diberi pengarahan bahwa politisi tersebut telah menjadi subyek pengaduan tentang pelanggaran seksual.

Sejauh ini, mereka adalah satu-satunya dua menteri di tim kabinet utama perdana menteri yang mengundurkan diri, dengan tokoh senior lainnya menyatakan dukungan untuk PM Johnson. Menteri Luar Negeri Liz Truss, yang dianggap sebagai pesaing utama untuk menggantikannya, mengatakan dia "100 persen di belakang PM".

Empat anggota parlemen lainnya berhenti dari peran pemerintah junior, sementara utusan perdagangan mundur dan wakil ketua Partai Konservatif mengundurkan diri dari jabatannya di siaran langsung televisi.

sajid javid
Sajid Javid. (Wikimedia Commons/Foreign and Commonwealth Office)

Pengunduran diri itu terjadi setelah berbulan-bulan skandal dan salah langkah, dengan PM Johnson sejauh ini menghadapi kritik atas laporan yang memberatkan ke pesta-pesta di kediaman dan kantornya di Downing Street, yang melanggar penguncian ketat COVID-19 dan membuatnya didenda oleh polisi.

Ada kebijakan lain yang berbalik arah, pembelaan naas dari anggota parlemen lain yang melanggar aturan lobi dan dia juga mendapat kecaman karena tidak berbuat cukup untuk mengatasi krisis biaya hidup, dengan banyak warga Inggris berjuang untuk mengatasi kenaikan harga bahan bakar dan makanan.

Sementara itu, para ekonom mengatakan negara itu sekarang menuju perlambatan tajam atau mungkin resesi. Baik Sunak maupun Javid sebelumnya secara terbuka mendukung PM Johnson, tetapi dalam surat mereka mengatakan cukup sudah, melansir Reuters 6 Juli.

Sunak, yang dilaporkan berselisih dengan perdana menteri secara pribadi tentang pengeluaran, mengatakan: "Bagi saya untuk mundur sebagai Kanselir (Bendahara) sementara dunia menderita konsekuensi ekonomi dari pandemi, perang di Ukraina dan tantangan serius lainnya adalah keputusan yang tidak saya anggap enteng."

"Masyarakat sudah sepatutnya mengharapkan pemerintahan berjalan dengan baik, kompeten dan serius," tambahnya.

"Saya menyadari ini mungkin pekerjaan menteri terakhir saya, tapi saya percaya standar ini layak diperjuangkan dan itulah sebabnya saya mengundurkan diri."

Sunak telah memenangkan pujian untuk tanggapan yang mantap terhadap gejolak ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, tetapi rusak parah oleh pengungkapan bahwa istrinya telah menghindari membayar beberapa pajak di Inggris.

Adapun Javid mengatakan banyak anggota parlemen dan publik telah kehilangan kepercayaan pada kemampuan PM Johnson, untuk memerintah demi kepentingan nasional.

rishi sunak
Rishi Sunak. (Wikimedia Commons/HM Treasury)

"Jelas bagi saya bahwa situasi ini tidak akan berubah di bawah kepemimpinan Anda, dan karena itu Anda juga kehilangan kepercayaan diri saya," bunyi suratnya.

Diketahui, pengunduran diri itu terjadi hanya beberapa menit setelah Johnson tampil di televisi untuk meminta maaf karena telah menunjuk anggota parlemen Christopher Pincher untuk peran yang terlibat dalam menawarkan pelayanan pastoral di Partai Konservatif, ekspresi penyesalan publik terbarunya atas kesalahannya.

"Saya meminta maaf kepada semua orang yang sangat terpengaruh olehnya," ungkap PM Johnson kepada penyiar.

"Saya hanya ingin memperjelas, bahwa tidak ada tempat di pemerintahan ini bagi siapa pun yang menjadi predator atau yang menyalahgunakan posisi kekuasaan mereka."

Beberapa anggota parlemen Konservatif mencoba memperbarui upaya untuk menggulingkannya, hanya sebulan setelah perdana menteri selamat dari mosi tidak percaya, sementara yang lain sebelumnya meminta menteri kabinetnya untuk bergerak melawan Johnson.

"Dia sudah selesai," kata seorang anggota parlemen Konservatif yang sebelumnya setia dengan syarat anonim.

"Dia seharusnya tidak memperpanjang penderitaannya. Itu tidak menghormati rekan-rekannya, partainya, dan negaranya."

Anggota parlemen lain yang sebelumnya setia setuju: "Semuanya sudah berakhir. Saya akan kagum jika dia bertahan sampai musim panas sekarang."

Tetapi beberapa veteran partai mengatakan, PM Johnson yang menurut para pembantu terdekatnya menyukai pertarungan, dapat bertahan, dan berharap untuk mengatur ulang pemerintahannya.