Mesin Bor Terowongan MRT Berhasil Sambungkan Stasiun Monas dan Thamrin
Proyek MRT sampai pada penembusan dinding terowongan Stasiun Thamrin menuju Stasiun Monas Jakarta. (dok Humas MRT Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Pengerjaan proyek pembangunan MRT fase 2A terus berlangsung. Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim mengungkapkan, progres pengerjaan yang baru selesai dilakukan adalah penembusan dinding terowongan sisi utara Stasiun Thamrin ke Stasiun Monas.

"Mesin bor terowongan atau tunnel boring machine (TMB) 2 telah berhasil menembus dinding sisi utara Stasiun Thamrin pada Jumat 29 Juli 2022. TBM 2 membangun terowongan southbound sepanjang 385,5 meter dari Stasiun Monas ke Stasiun Thamrin," kata Silvia dalam keterangannya, Selasa, 2 Agustus.

Silvia berujar, pengerjaan TBM 2 yang masuk pada paket konstruksi CP 201 ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan, yakni sejak 11 April hingga 29 Juli 2022.

Selanjutnya, kata dia, TBM 2 ini akan melakukan putar balik di titik shaft utara Stasiun Thamrin untuk melanjukan konstruksi terowongan northbound kembali ke arah Stasiun Monas.

Lebih lanjut, Silvia mengungkapkan terdapat dua mesin bor pada konstruksi CP 201, yaitu TBM 1 dan TBM 2. TBM 1 membuat terowongan southbound dan northbound yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI dan Thamrin dan TBM 2 yang membangun terowongan southbound dan northbound yang menghubungkan Stasiun Monas dan Thamrin.

"Setelah itu, kedua TBM ini akan bersama-sama membangun terowongan southbound dan northbound yang menghubungkan Stasiun Monas dan Harmoni," lanjutnya.

Sejauh ini, pekerjaan CP 201 telah mencapai 41,84 persen dengan sejumlah pekerjaan seperti penggalian dan pengecoran base slab Stasiun Monas, pengecoran kolom dan struktur dinding gardu induk Monas, dan perbaikan kualitas tanah di Stasiun Thamrin, dan pemasangan traffic decking di sisi selatan Stasiun Thamrin.

“Kami masih optimistis bahwa target penyelesaian CP 201 pada Maret 2025 akan tercapai,” urai Silvia.

Sebagai informasi, pembangunan MRT fase 2A terdiri dari tujuh stasiun, yakni Stasiun Thamrin, Stasiun Monas, Stasiun Harmoni, Stasiun Sawah Besar, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Glodok, dan Stasiun Kota.

Kemudian, pembangunan dilanjutkan ke fase 2B yakni Mangga Dua dan Ancol dan satu depo di Ancol Barat. Total panjang rute MRT fase 2A dan 2B mencapai 11 kilometer.