Warga Sebut Proyek Normalisasi Saluran Air Jadi Penyebab Utama Bangunan Runtuh di Johar Baru
Tim gabungan melakukan proses evakuasi bangunan roboh di Johar Baru, Jakpus/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Proyek galian normalisasi saluran air yang dilakukan Suku Dinas terkait di wilayah RT 10/06, Jalan Kampung Rawa Sawah II, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, diduga kuat menjadi penyebabnya bangunan berlantai 2 runtuh di Johar baru, Kamis 28 Juli.

Bahkan akibat kejadian itu, seorang wanita warga Johar Baru tewas ditempat kejadian dan satu wanita lainnya alami patah kaki.

Berdasarkan keterangan Yanto, saksimata kejadian, bagian depan bangunan yang runtuh itu sebelumnya ada pengerjaan proyek saluran air.

"Petugas galian dengan sengaja membengkokan cakar ayam dan mengambil batu kali yang besar (pondasi rumah)," kata Yanto, Kamis malam, 28 Juli.

Kemudian tak lama berselang, sambungnya, terlihat reruntuhan material tembok yang diikuti dengan karung yang ada di atas rumah.

"Beberapa menit kemudian, pekerja galian melompat dari lobang galian (menyelamatkan diri) karena mendengar suara retakan tembok," jelas Yanto.

Yanto menyebutkan, kejadian bangunan rumah itu runtuh sekitar pukul 15.15 WIB.

"Tak lama kemudian, bangunan rumah itu roboh terdengar suara gemuruh," katanya.

Sebelumnya diberitakan, runtuh atau ambruknya konstruksi bangunan berlantai 2 yang digunakan sebagai warung dan posko diduga akibat bangunan tidak kuat menahan beban.

"Diduga karena bangunan tidak kuat menahan beban," kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Unggul Wibowo kepada VOI di lokasi, Kamis, 28 Juli, malam.

Sementara menurut keterangan Ketua RW 06, Syafrudin, runtuhnya konstruksi bangunan diduga akibat dampak dari proyek galian saluran air yang berada tepat di depan bangunan.

"Kebetulan ini ada proyek galian pembenaran selokan dari Pemprov Dinas Perumahan. Buat pelebaran perbaikan saluran mengganti yang baru," terang Syafrudin.

Dia menduga robohnya bangunan akibat adanya galian proyek pengerjaan saluran.