Bangunan Ambruk yang Tewaskan Satu Orang Wanita di Johar Baru Jadi Tontonan Warga
Warga sekitar Johar Baru berdatangan ke lokasi bangunan ambruk sekadar untuk melihat/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Lokasi robohnya bangunan di Jalan Kampung Rawa Sawah II menjadi tontonan warga Johar Baru. Mereka penasaran melihat bangunan ambruk yang menewaskan satu orang wanita.

Dari pantauan di lokasi, warga terlihat antusias melihat reruntuhan yang lokasinya persis berseberangan dengan pasar Gembrong Lama. Garis polisi terlihat telah menutup akses lokasi tempat kejadian.

Kepala Satuan Pelaksanaan Tugas (Kasatpel) Perhubungan Kecamatan Johar Baru, Dapot Togatorop mengatakan, ada dua akses jalan yang ditutup. Seperti jalan Raya Galur dan Kampung Rawa Sawah II.

"Kita tutup sampai pengangkutan material ini selesai begitu juga tiang yang nyaris roboh," ucapnya, Jumat, 29 Juli.

Ditempat yang sama, Sumi (50) salah satu warga Johar Baru mengaku memang sengaja datang untuk melihat lokasi di sini. Rasa penasaran yang membuat dirinya ingin tahu peristiwa yang menewaskan satu warga.

"Saya sengaja datang ke sini habis penasaran. Semalam hanya melihat di TV dan saya pengen tahu lokasinya," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, runtuh atau ambruknya konstruksi bangunan berlantai 2 yang digunakan sebagai warung dan posko diduga akibat bangunan tidak kuat menahan beban.

"Diduga karena bangunan tidak kuat menahan beban," kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Unggul Wibowo kepada VOI di lokasi, Kamis, 28 Juli, malam.

Sementara menurut keterangan Ketua RW 06, Syafrudin, runtuhnya konstruksi bangunan diduga akibat dampak dari proyek galian saluran air yang berada tepat di depan bangunan.

"Kebetulan ini ada proyek galian pembenaran selokan dari Pemprov Dinas Perumahan. Buat pelebaran perbaikan saluran mengganti yang baru," terang Syafrudin.

Dia menduga robohnya bangunan akibat adanya galian proyek pengerjaan saluran.