Rishi Sunak dan Liz Truss Melenggang ke 'Final' Pemilihan PM Inggris, Favorit Mordaunt Tersingkir
Liz Truss dan Rishi Sunak (Wikimedia Commons/Chris McAndrew)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak dan Menteri Luar Negeri Liz Truss melenggang ke babak akhir pemilihan Pemimpin Partai Konservatif, sekaligus Perdana Menteri Inggris, usai menyingkirkan favorit Penny Mordaunt.

Dalam pemungutan suara anggota parlemen terakhir pada Hari Rabu, Sunak kembali menjadi yang teratas dengan raihan 137 suara. Sementara, Truss meraih 113 suara, unggul tipis dari Mordaunt yang hanya meraih 105 suara.

Siapa pun yang menang saat hasil diumumkan pada 5 September akan mewarisi beberapa kondisi paling sulit di Inggris dalam beberapa dekade. Inflasi akan mencapai 11 persen per tahun, pertumbuhan terhenti, aksi industri meningkat dan pound mendekati posisi terendah bersejarah terhadap dolar.

Inggris di bawah Boris Johnson, dan dibantu oleh Truss, juga mengambil garis keras terhadap Brussels dalam negosiasi pasca-Brexit di sekitar Irlandia Utara, menarik tindakan hukum dari Uni Eropa dan mengancam hubungan perdagangan di masa depan.

Jajak pendapat menunjukkan Truss akan mengalahkan Sunak dalam kontes anggota partai, membuka kemungkinan bahwa Konservatif memilih seorang pemimpin yang bukan pilihan paling populer bagi anggota parlemen.

Truss berterima kasih kepada beberapa anggota parlemen di luar parlemen tak lama setelah pemungutan suara diumumkan.

"Saya di dalamnya, untuk memenangkannya. Sebagai perdana menteri saya akan mulai bekerja sejak hari pertama, menyatukan partai dan memerintah sesuai dengan nilai-nilai Konservatif," sebut Truss dalam pernyataan kepada wartawan, melansir Reuters 20 Juli.

Sementara, Sunak mengatakan di Twitter: "Bersyukur rekan-rekan saya telah mempercayai saya hari ini. Saya akan bekerja siang dan malam untuk menyampaikan pesan kami di seluruh negeri."

Mordaunt, yang hanya delapan suara di belakang Truss, meminta partai untuk bersatu setelah kontes kepemimpinan yang sering kali buruk.

"Politik tidak mudah. ​​Ini bisa menjadi tempat yang memecah belah dan sulit. "Kita semua sekarang harus bekerja sama untuk menyatukan partai kita dan fokus pada pekerjaan yang perlu dilakukan," seru Mordaunt.

Kedua finalis sekarang akan memulai perjalanan selama berminggu-minggu di seluruh negeri sebelum menjadi anggota partai.

"Ini telah menjadi salah satu kontes yang paling tidak terduga untuk menjadi pemimpin Konservatif berikutnya dalam sejarah baru-baru ini," kata Chris Hopkins, direktur riset politik di perusahaan jajak pendapat Savanta ComRes.

"Ini sangat berbeda dengan kontes baru-baru ini di mana Anda memiliki satu favorit yang jelas melarikan diri dengannya," sambungnya.

Ketegangan di antara para kandidat juga menimbulkan pertanyaan tentang seberapa baik pemimpin baru akan dapat memerintah, dengan Johnson masih populer di banyak partai dan negara, sementara partai semakin terpecah di antara berbagai faksi.

Diketahui, Boris Johnson terpaksa berhenti setelah dia kehilangan dukungan dari anggota parlemennya setelah berbulan-bulan skandal, termasuk pelanggaran aturan penguncian pandemi COVID-19.