Duet dengan Siapapun Baik Ganjar, Puan atau Khofifah di Pilpres 2024, Nama Prabowo Subianto Tetap Unggul di Jatim
Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) Mochammad Thoha/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) Mochammad Thoha menyampaikan bahwa nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tetap unggul di Jawa Timur. Bahkan ketika dipasangkan dengan siapapun dalam bursa Pilpres 2024 mendatang.

"Di Jawa Timur menemukan bahwa pasangan Prabowo-Puan, Prabowo-Ganjar, dan Prabowo-Khofifah akan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja," kata Thoha dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Antara, Senin, 18 Juli. 

Ia memandang hal tersebut terjadi karena nama Prabowo menjadi primadona di benak masyarakat Jawa Timur, sehingga dipasangkan dengan tokoh-tokoh baik dari PDI Perjuangan yakni Ketua DPR RI Puan Maharni maupun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tetap unggul, bahkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Meskipun Puan masih memiliki elektabilitas, namun ketika dipasangkan dengan Prabowo, pasangan ingin akan kuat keluar sebagai pemenang kompetisi pilpres," ujarnya.

Alasan mengapa Prabowo saat ini selalu unggul, karena Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga mengemban amanat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia itu adalah sosok yang saat ini sudah banyak digemari oleh para pemilih Jokowi di Pilpres 2019 lalu, kata Thoha.

"Faktor Prabowo menjadi faktor utama menaikkan elektabilitas pasangan. Hal ini diduga karena sosok Prabowo yang telah disukai oleh pendukung Jokowi dan Ma’ruf di provinsi tersebut," jelasnya.

Dalam sejumlah simulasi, pasangan Prabowo-Puan memperoleh elektabilitas sebesar 53,8 persen, sedangkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Ganjar memperoleh sebesar 22,3 persen, dan pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperoleh elektabilitas sebesar 21,7 persen, dengan angka pemilik suara yang belum menentukan (undecided voters) sebesar 2,2 persen.

Lebih lanjut, dalam simulasi kedua, pasangan Prabowo-Ganjar memperoleh 55,1 persen, Airlangga dengan Menteri BUMN Erick Thohir (20,4 persen), Anies-AHY (15,9 persen), dan undecided voters sebesar 8,6 persen.

Kemudian, dalam simulasi selanjutnya, Prabowo-Khofifah (50,8 persen), Puan-Ganjar (29,4 persen), Airlangga-Anies (15,3 persen), dan undecided voters (4,5 persen).

Survei ini dilakukan LANSKAP dalam kurun waktu 29 Juni sampai 8 Juli 2022. Lalu sampel yang diambil adalah 880 responden dan memakai metodologi multistage random sampling dengan margin of error (MoE) sekitar 3,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.