Survei LSI: Mayoritas Responden Pilih Prabowo Subianto di Pilpres 2024, Menyusul Ganjar Pranowo
Prabowo Subianto (Foto: Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei soal bursa calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang. Hasilnya, nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi calon dengan jumlah pemilih tertinggi.

Dalam survei menggunakan semi terbuka, Sebanyak 22,5 persen responden memilih Prabowo Subianto. Selanjutnya, 10,6 persen memilih Ganjar Pranowo, 10,2 persen memilih Anies Baswedan.

"Kita memberi daftar nama kepada responden tanpa memasukkan Nama Pak Jokowi karena tidak bisa mencalonkan diri lagi di 2024. Maka, posisinya Pak prabowo yang unggul, 22,5 persen," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam pemaparan survei secara virtual, Senin, 22 Februari.

Nama selanjutnya yang dipilih responden adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan 7,2 persen pemilih, Sandiaga Salahuddin Uno dengan 6,9 persen, Tri Rismaharini dengan 5,5 persen, Ridwan Kamil 5 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 4,8 persen.

Di bawahnya, ada nama Susi Pujiastuti dengan perolehan 2,3 persen pemilih, Ustaz Abdul Somad 2 persen, Gatot Nurmantyo 2 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,8 persen, Ma'ruf Amin 1,1 persen, dan sejumlah nama lainnya yang berada di bawah 1 persen.

"Jadi, pilihan mereka adalah nama-nama tokoh yang selama ini sudah beredar di masyarakat kita," ujar dia.

Kemudian, LSI melakukan simulasi tertutup 10 nama yang telah ditentukan. Hasilnya, Prabowo Subianto tetap yang paling unggul dengan perolehan 26 persen. Disusul oleh Ganjar Pranowo dengan 15,4 persen, Anies Baswedan 13,3 persen, Sandiaga Uno 10,4 persen, dan Ridwan Kamil 7,5 persen.

Di bawahnya, ada nama Agus Harimurti Yudhoyono dengan 6,2 persen, Khofifah Indar Parawansa 4,4 persen, Gatot Nurmantyo 2,6 persen, Puan Maharani 1,1 persen, Budi Gunawan 0,6 persen, dan tidak tahu atau yang tidak menjawab sebesar 12,6 persen.

"Meski dilakukan simulasi tertutup kepada beberapa nama tokoh, posisinya tidak berubah. Pak Prabowo masih yang paling unggul, lalu dilanjutkan Pak Ganjar dan Pak Anies," tuturnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada periode 25 sampai 31 Januari 2021. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan metode multistage random sampling.

Survei dilakukan kepada 1.200 responden yang telah menikah atau berusia di atas 17 tahun. Margin of error sebesar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen.