Survei LSI: Mayoritas Pemilih Jatim yang Puas dengan Kinerja Jokowi Dukung Prabowo-Gibran
Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka/DOK Instagram @prabowo

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei bertajuk 'Peta Terkini Kompetisi Pemilu 2024 di Jawa Timur'. Survei menunjukkan, mayoritas masyarakat Jawa Timur (Jatim) yang puas dengan kinerja Joko Widodo (Jokowi), bakal memilih paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

"Pada survei dilakukan pada 16-28 Desember (2023), ada 82,7 persen pemilih yang menyatakan puas dengan kinerja Presiden Jokowi," ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam paparan survei yang disiarkan secara virtual, Jumat, 5 Januari.

"Di antara yang menyatakan puas itu, hampir 50 persen mendukung Prabowo-Gibran. Jadi tidak lagi ke Ganjar Pranowo," sambungnya.

Dalam kategori tersebut, lanjut Djayadi, hanya 28,6 warga Jatim yang puas dengan kinerja Jokowi dan memilih paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sementara 13,8 persen lainnya mendukung paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Selain itu, kata Djayadi, tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran juga tinggi di kategori warga Jawa Timur yang memilih Jokowi-Ma'ruf pada pilpres periode sebelumnya.

"Sebanyak 43,9 persen pendukung Jokowi di 2019 memilih paslon dari Koalisi Indonesia Maju. Kemudian 35,2 persen mendukung Ganjar-Mahfud, dan segelintir lainnya, yakni 14,4 persen lainnya memilih Anies-Muhaimin," katanya.

Sementara di basis pemilih Prabowo di 2019, tambah Djayadi, pendukung Ketua Umum Partai Gerindra di Jawa Timur masih loyal pada pilihannya. Mayoritas pendukung Prabowo, yakni 66,3 persen tetap akan memilih Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Sementara dukungan untuk Anies-Muhaimin sebesar 23,3 persen, dan hanya 7,8 persen warga Jawa Timur pemilih Prabowo di 2019 akan memilih Ganjar-Mahfud.

"Pemilih Prabowo Subianto (di 2019) cukup solid mendukung kembali Prabowo Subianto di Jawa Timur," ucap Djayadi.

Secara keseluruhan di Jatim, Djayadi menyebutkan, bila pilpres diadakan pada saat survei dilakukan maka pasangan Prabowo-Gibran Raka akan keluar sebagai pemenang dengan tingkat keterpilihan 46,7 persen, disusul Ganjar-Mahfud yang mendapat dukungan 26,6 persen dan Anies-Imin di angka 16,2 persen.

"Masih ada sekitar 10,4 persen pemilih yang belum memutuskan pilihannya atau tidak menjawab," tutup Djayadi.

Sebagai informasi, survei LSI dilakukan pada periode 16-28 Desember 2023 dengan total sampel sebanyak 8.800 responden di Provinsi Jawa Timur.

Ribuan responden tersebut diperoleh melalui teknik multistage random sampling dengan margin of error sebesar +/- 1,1 persen dan tingkat kepercayaan di angka 95 persen.