Bagikan:

JAKARTA - Menaiki transportasi umum, tentu ada sejumlah peraturan yang harus ditaati, demi kenyamanan dan keamanan bersama, termasuk misalnya meludah sembarangan di kereta, terlebih di masa pandemi COVID-19 yang belum usai seperti saat ini.

Alih-alih menaati ketentuan yang berlaku, seorang wanita malah memukuli kakek lansia yang menegurnya, setelah sebelumnya wanita itu meludah di kereta. Tak hanya sekali, wanita itu memukuli sang kakek berulang kali.

Peristiwa ini terjadi di Korea Selatan. Pengadilan Seoul menjatuhkan hukuman satu tahun penjara kepada seorang wanita berusia 26 tahun pada Hari Rabu lalu, karena memukul kepala seorang pria tua berulang kali dengan ponselnya, setelah video viral yang menunjukkan adegan kekerasan itu membuat marah banyak orang.

Insiden itu terjadi pada Bulan Maret lalu, tepatnya di kereta bawah tanah di Jalur No. 9, ketika keduanya terlibat perkelahian setelah korban berusia 60-an menegurnya, karena meludahi kereta bawah tanah.

Wanita itu terlihat dalam video berteriak dan memukuli pria di kepala dengan teleponnya berulang kali. Kekerasan menyebabkan dia berdarah di kepala. Video kekerangan itu menyebar dengan cepat.

Ketika wanita itu kemudian diadili dengan tuduhan menimbulkan cedera dan penghinaan, tuduhan kekerasan tambahan ditambahkan, karena diduga memukul seorang penumpang dan menuangkan minuman ke kepala penumpang di kereta bawah tanah pada Bulan Oktober tahun lalu.

"Dia tetap tidak terpengaruh oleh penumpang lain yang mencoba menghentikannya atau merekamnya dan melanjutkan kejahatannya terhadap seorang pria tua," kata Pengadilan Distrik Selatan Seoul, memberikan hukuman penjara, melansir Korea Times 6 Juli.

Selain itu, pihak pengadilan juga menunjukkan, bahwa wanita tersebut tidak bisa mendapatkan pengampunan dari pria itu.