Angkatan Laut Rusia Terima Kapal Selam untuk Operasi Khusus Belgorod, Dibekali Drone Bawah Air Nuklir Poseidon
Peluncuran kapal selam Belgorod Rusia. (Sumber: Naval News/Oleg Kuleshov)

Bagikan:

JAKARTA - Galangan Kapal Sevmash mengirimkan Proyek 09852 Belgorod, kapal selam untuk operasi khusus mampu membawa drone bawah air nuklir Poseidon ke Angkatan Laut Rusia, kantor pers Galangan Kapal mengumumkan pada Hari Jumat.

"Pada 8 Juli 2022, sebuah upacara khusus diadakan di Sevmash Production Association (bagian dari United Shipbuilding Corporation), perusahaan pembuat kapal terbesar Rusia, untuk menandatangani sertifikat penerimaan/pengiriman kapal selam penelitian Belgorod ke Angkatan Laut," kata kantor pers dalam sebuah pernyataan, melansir TASS 8 Juli.

Kapal selam ini dirancang untuk operasi khusus, Belgorod mampu mengerjakan beragam tugas penelitian, mengimplementasikan operasi penelitian dan penyelamatan, hingga membawa penyelamatan di laut dalam dan kendaraan submersible tak berawak otonom di kapalnya.

Seperti yang dikatakan Panglima Angkatan Laut Rusia Nikolay Yevmenov pada upacara pengiriman kapal selam, Belgorod akan membuka peluang baru dalam melakukan penelitian.

"Kapal selam Belgorod membuka peluang baru bagi Rusia dalam mengadakan berbagai penelitian dan membantu melakukan beragam ekspedisi ilmiah dan operasi penyelamatan di daerah-daerah terpencil di Samudra Dunia," terangnya.

Kapal selam Project 09852 Belgorod merupakan kapal induk pertama drone bawah air bertenaga nuklir Poseidon, diluncurkan pada 23 April 2019. Kapal selam itu awalnya direncanakan akan dikirim ke Angkatan Laut pada tahun 2020. Menurut data yang tersedia, pengirimannya tertunda karena program uji cobanya tidak selesai, yang juga disebabkan oleh pandemi virus corona.

Diketahui, di bawah program persenjataan negara Rusia hingga 2027, pembuat kapal akan mengirimkan tiga kapal selam bertenaga nuklir tujuan khusus ke Angkatan Laut Rusia.