Usia Direnovasi, Stasiun Kereta Api Terbesar di Asia Beijing Fentai yang Dibangun Tahun 1895 Kembali Dibuka
Stasiun kereta Beijing Fengtai, China. (Wikimedia Commons/N509FZ)

Bagikan:

JAKARTA - Stasiun Kereta Beijing Fengtai yang dibangun pada tahun 1895 telah menyelesaikan proses renovasi yang berjalan multiyears dan dibuka kembali pada 20 Juni lalu.

Stasiun yang didesain ulang, disebut sebagai yang terbesar di Asia, memiliki 32 peron kereta, ditambah ruang tunggu keberangkatan, restoran dan fasilitas lainnya yang tersebar di 400.000 meter persegi.

Pada puncaknya, stasiun baru ini dirancang bakal mampu menampung sekitar 14.000 penumpang per jam, yang berasal dari tiga jenis layanan, kereta peluru, kereta reguler dan kereta bawah tanah.

"Desain galangan dua lapis, dengan kereta peluru berjalan di atas dan kereta berkecepatan reguler berjalan di tanah, menghemat banyak ruang," Ma Hui, kepala insinyur proyek konstruksi, mengatakan kepada surat kabar pemerintah China Daily, seperti melansir CNN 22 Juni.

"Desain yang unik telah mengubah tata letak stasiun kereta api tradisional. Ini merupakan cara inovatif untuk menata fungsi stasiun kereta api," tambahnya.

Salah satu fitur unik tersebut adalah pembangkit listrik fotovoltaik di atap, yang menghasilkan daya untuk gedung.

Meskipun China tetap tertutup bagi sebagian besar turis internasional, Fengtai sudah melayani rute kereta api dari ibu kota ke Shanghai, Guangzhou, dan hub lainnya.

Sebuah link dari Fengtai ke stasiun Kowloon Hong Kong ada di dek, ketika kota membuka kembali perbatasannya dengan daratan.

Diketahui, membuat perjalanan kereta api lebih cepat adalah tugas besar di negara terpadat di dunia.

Pada tahun 2020, 75 persen kota di China dengan populasi 500.000 atau lebih memiliki tinta rel berkecepatan tinggi. Tujuannya adalah untuk memiliki 70.000 kilometer (44.000 mil) rel kecepatan tinggi yang mencakup negara itu pada tahun 2035.

Dan ini bukan hanya tentang menghubungkan wilayah China. Sebagai elemen inti dari inisiatif infrastruktur global Sabuk dan Jalan negara itu, kereta api adalah cara bagi China untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara terdekat lainnya.

Untuk diketahui, jalur kereta sepanjang 620 mil yang menghubungkan Laos dengan Provinsi Yunnan diselatan China telah dibuka pada Oktober 2021.

China juga ingin membuat rekor dengan proyek infrastrukturnya. Stasiun kereta api terdalam di dunia, Stasiun Tembok Besar Badaling di pinggiran ibu kota China, memulai debutnya menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Terkait