Kantor Kejaksaan Paris Buka Penyelidikan Tuduhan Pemerkosaan Menteri Zacharopoulou
Menteri Prancis Chrysoula Zacharopoulou. (Sumber: diplomatie.gouv.fr)

Bagikan:

JAKARTA - Kantor kejaksaan Paris mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya telah membuka penyelidikan atas tuduhan pemerkosaan terhadap Menteri Luar Negeri Prancis untuk Pembangunan dan Francophonie, Chrysoula Zacharopoulou, setelah dua pengaduan diterima.

Pengaduan pertama untuk pemerkosaan diajukan pada 25 Mei, yang mengarah pada pembukaan penyelidikan pada 27 Mei. Pengaduan kedua diajukan pada 16 Juni, kata kantor kejaksaan.

Melansir Reuters 22 Juni, pejabat di kantor menteri tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait hal ini.

Zacharopoulou, seorang dokter terlatih, sebelumnya bekerja sebagai dokter kandungan sebelum pindah ke politik. Media Prancis sebelumnya melaporkan keluhan itu terkait dengan aktivitas profesionalnya.

Sebelumnya, bulan lalu menteri lain yang baru diangkat, Damien Abad, Menteri Solidaritas dan Penyandang Cacat, sudah menghadapi tekanan yang meningkat atas tuduhan pemerkosaan yang dilakukan oleh dua wanita.

Abad telah membantah tuduhan yang diarahkan kepadanya, mengatakan dia tidak berniat mengundurkan diri dari pemerintah.

Penyelidikan itu menambah tekanan lebih lanjut pada pemerintahan Presiden Emmanuel Macron, setelah kemunduran pemilihan akhir pekan ini di parlemen.

Para pemilih pada Hari Minggu menyampaikan apa yang bagi Prancis merupakan parlemen yang jarang digantung, dengan aliansi sentris Macron 44 kursi di bawah mayoritas absolut, dan aliansi sayap kanan dan sayap kiri yang luas berjuang untuk menjadi kekuatan oposisi utama, sementara kaum konservatif bisa menjadi king maker yang menentukan.