Sempat Ditutup Karena Fenomena Emisi Beracun, 'Gerbang Neraka' di Reruntuhan Kota Kuno Hierapolis Dibuka untuk Umum
Foto udara lokasi 'Gerbang Neraka'. (Sumber: AA Photo via Daily Sabah)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Turki membuka situs arkeologi terkenal di Provinsi Denizli, 'Gerbang Neraka' untuk pengunjung reguler pertama kalinya, pada Senin pekan ini.

Mencapai 'neraka', atau lebih tepatnya gerbangnya, karena area di luar gerbang tertutup bagi pengunjung, bukanlah hal yang mudah, karena terletak di antara reruntuhan Kota Kuno Hierapolis yang luas.

Jika bukan karena tanda-tandanya, seperti patung Dewa Yunani Hades dan anjingnya yang berkepala tiga Cerberus, penjaga gerbang neraka dalam mitologi Yunani, seseorang dapat dengan mudah tersesat saat mencari 'Gerbang Neraka'.

Meskipun travertines murni Pamukkale (Kastil Kapas) yang terletak beberapa kilometer jauhnya mungkin lebih menggoda bagi mereka yang ingin berjemur di keindahan dunia, gerbang, yang sepenuhnya dieksplorasi pada tahun 2013, kemungkinan akan memiliki cukup banyak pengunjung.

Namanya berasal dari kombinasi mitologi dan aplikasi praktis dari fakta-fakta ilmiah. Ribuan tahun yang lalu, hewan kurban dikirim ke pintu masuk sempit di tanah guna dikorbankan untuk menghormati para dewa.

gerbang neraka turki
Foto udara lokasi reruntuhan Kota Kuno Hierapolis dan 'Gerbang Neraka'. (Sumber: AA Photo via Daily Sabah)

Sebuah studi tahun 2013 yang dipimpin oleh profesor Italia Francesco D'Andria menemukan, tingkat karbon dioksida yang tinggi yang dipancarkan dari tanah tempat gerbang berada adalah sumber kematian hewan. Memang, wilayah itu sebenarnya merupakan kombinasi 'surga dan neraka', karena emisi karbon dioksida berasal dari mata air panas yang sama, yang memberi warna putih indah pada travertine Pamukkale.

Setelah ekspedisi 2013, area tersebut ditutup untuk alasan keamanan atas emisi beracun yang tidak diketahui selama berabad-abad, karena fenomena itu terbatas pada 'gerbang' dan sebagian besar dilupakan.

Pekerjaan penggalian lebih lanjut dilakukan sebelum batu-batu gerbang yang runtuh dipulihkan, patung-patung didirikan di atas struktur seperti teras di sebelah gerbang. Sebuah jalan setapak yang ditempatkan pada jarak yang aman dari gerbang.

Bagi Muharrem Aldıbaş, seorang pemandu wisata, Gerbang Neraka itu sendiri adalah tempat yang istimewa.

"Saya sudah lama mengira akan dibuka untuk kunjungan lebih awal. Tempat ini merupakan kesempatan untuk menarik lebih banyak pengunjung ke Pamukkale,” katanya kepada Demirören News Agency (DHA), mengutip Daily Sabah 21 Juni.

"Dipercaya pada zaman kuno bahwa Hades akan menghabiskan setengah tahun di Bumi dan sisanya di dunia bawah, melakukan perjalanan ke dunia bawah melalui gerbang ini. Saya pikir lebih banyak orang akan mendengar cerita ini dan datang ke sini," ungkapnya.

Sementara Hatice entürk, seorang pengunjung dari provinsi barat laut Bursa mengatakan, dia mengetahui keberadaan gerbang dan memutuskan untuk berkunjung setelah berkeliling Pamukkale.

"Ini adalah tempat yang luar biasa dan saya senang menjadi salah satu pengunjung pertama di sini," singkatnya.