Robot Berkaki Empat Spot Besutan Amerika Serikat Spot Bantu Kelola Situs Reruntuhan Kota Kuno Pompeii
Ilustrasi reruntuhan Kota Kuno Pompeii. (Wikimedia Commons/ElfQrin)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah robot kuning dan hitam berkaki empat telah dipanggil untuk memeriksa reruntuhan kuno Pompeii dan membantu meningkatkan pengelolaan salah satu situs arkeologi paling terkenal di Italia.

Robot, yang disebut Spot, dirancang oleh Boston Dynamics yang berbasis di Amerika Serikat, adalah bagian dari proyek yang lebih luas menggunakan teknologi, untuk membantu memantau pekerjaan di situs Pompeii dan membuatnya lebih aman, kata organisasi yang menjalankan situs itu dalam sebuah pernyataan.

Tujuannya adalah "meningkatkan pemantauan (reruntuhan) yang ada dan pengetahuan, tentang kemajuan pekerjaan di area yang sedang dalam pemulihan atau restorasi, dan oleh karena itu untuk mengelola keselamatan situs, serta para pekerja," katanya.

Nantinya, robot Spot juga akan dikirim ke terowongan bawah tanah yang digali oleh pencuri, untuk masuk ke kota kuno dan mencuri artefak bersejarah.

robot spot
Robot Spot. (Sumber: BostonDynamics)

"Kami ingin menguji robot-robot ini di terowongan bawah tanah ekskavator klandestin yang kami temukan di daerah itu," kata direktur jenderal situs, Gabriel Zuchtriegel, melansir Reuters 31 Maret.

Ditambahkan olehnya, sangat penting untuk memantau kondisi keselamatan di terowongan.

Untuk diketahui, selain robot berkaki empat Spot, situs kuno Pompeii juga akan memiliki pemindai laser terbang yang akan melakukan pemindaian 3D dari reruntuhan.