Jelang HUT DKI ke-495, Djarot Mantan Wagub DKI Beri Kritikan untuk Anies
Djarot Saiful Hidayat/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat memberi catatan kritis kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jelang hari ulang tahun Jakarta ke-495 yang jatuh pada esok hari.

Meski mengapresiasi, Djarot menyebut perayaan Jakarta Hajatan yang digagas Anies merupakan hal biasa karena sudah menjadi kewajiban Pemprov DKI untuk menggelar peringatan HUT DKI.

"Kita apresiasi hari ulang tahun Jakarta menjadi Jakarta Hajatan. Tapi jangan hanya dipoles. Lalu gotong-royong diganti menjadi kolaborasi. Hal-hal semacam ini cuma diksi-diksi saja, tidak membumi. Padahal, yang penting filosofi yang dia kerjakan," kata Djarot saat ditemui di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Juni.

Djarot lantas mengkritik sejumlah program Anies yang saat ini masih minim realisasi. Salah satunya, Rumah DP Rp0. Dari target 250 ribu rumah, yang telah terbangun belum mencapai 1.000 unit.

"APBD DKI Jakarta ini kan besar banget. Kita tunggu-tunggu sebetulnya. Katanya, (Anies) menyubsidi rakyat miskin untuk mendapatkan rumah layak huni. Ternyata, rumah dibangun dengan DP 0 rupiah juga enggak jelas berapa," ungkap Djarot.

Gelaran Formula E Jakarta juga menjadi sorotan. Djarot memandang, dibanding Anies menggelar balapan mobil listrik, lebih baik anggaran yang digelontorkan dipakai untuk menyejahterakan warga Jakarta.

"Formula E kita dukung, tapi berapa yang diperuntukkan? Kalau seumpama diperuntukkan membangun rumah-rumah susun untuk rakyat, itu jauh lebih efektif untuk mengurangi kemiskinan. Kalau itu didistribusikan untuk bantuan permodalan bagi pengusaha kecil, itu akan lebih fokus untuk membahagiakan warganya," cecar Djarot.

Kemudian terkait pengubahan nama puluhan jalan di Jakarta menjadi nama tokoh Betawi. Meski Djarot mengapresiasi, tapi ia juga meminta Anies tak luput untuk membenahi infrastruktur jalan tersebut.

"Saya setuju kalau seniman Jakarta dijadikan nama jalan. Tapi, yang lebuh setuju lagi, jalan-jalan itu makin bersih, hijau. Kalau yang perlu ditebangi bukan sebetulnya bukan pohon, tp tiang yang mengganggu. Tiang yang tidak berfungsi, tiang operator sehingga semua infrastruktur di bawah," imbuhnya.