Sah! Jokowi Resmi Lantik Wempi Wetipo, Afriansyah Noor, dan Raja Juli Antoni Jadi Wakil Menteri
Suasana pelantikan di Istana Negara (Tangakapan layar Youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik beberapa wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan ini dimulai sekitar pukul 13.35 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Mereka yang dilantik adalah John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Wempi sebelumnya merupakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Afriansyah Noor merupakan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB), dan Raja Juli merupakan Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Demi Allah saya bersumpah, demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," tutur para menteri dan wakil menteri yang dipandu Presiden Joko Widodo, Rabu, 15 Juni.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut mereka.

Usai pelantikan, lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan. Setelah itu, Presiden Joko Widodo beserta jajaran ketua umum partai politik memberi selamat kepada menteri dan wakil menteri yang baru ini.

Pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah ketua umum (ketum) partai koalisi, yakni Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketum Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartato, dan Ketum NasDem Surya Paloh.

Berikutnya, hadir juga Ketua Umum PPP yang juga PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Ketum PAN Zulkifli Hasan yang juga akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan.