Gibran Puji Anies-Riza Tangani COVID-19 di Jakarta, PDIP: Sebaiknya Mas Gibran Fokus Penugasan di Solo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Riza Patria (DOK Humas Pemprov DKI)

Bagikan:

JAKARTA - PDIP merespons pujian Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penanganan COVID-19 di Ibu Kota.

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat, pujian tersebut adalah hal wajar. Bahkan, kata dia, kritikan pun juga bertujuan baik.

"Orang memuji itu baik, kerja bagus dipuji baik, dikritik juga baik," ujar Djarot, Senin, 13 September.

Namun, kata Djarot, bukan berarti pujian Gibran kepada Anies untuk membangun komunikasi politik sebagai pintu masuk menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024.

Djarot justru menyarankan  agar Gibran fokus saja pada tanggung jawabnya sebagai Walikota Solo. Sebab, persoalan elektoral khususnya Pilkada bukan urusannya.

"Kan nanti pemilihannya serentak. Saran saya sebaiknya Mas Gibran itu fokus untuk menyelesaikan penugasan di Solo. Tidak usah mikir yang macam-macam, tidak usah mikir ke Jakarta, atau ke Jawa Tengah," kata Djarot yang juga anggota Komisi II DPR ini.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, memuji kinerja Gubernur Anies Baswedan. Dia mengaku selalu mencontohkan DKI Jakarta setiap kali rapat membahas penanganan COVID-19 di daerahnya.

Hal tersebut dikatakan Gibran saat hadir sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna di acara donor darah dan plasma konvalesen yang digelar PWNU DKI Jakarta dan PMI DKI Jakarta pada Sabtu, 11 September 2021. Dalam acara itu, hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria.

"Jadi mumpung ada Pak Wagub di sini, saya curhat sedikit ya, Pak, jadi kami di Solo tiap kali kami rapat COVID-19 yang saya jadikan percontohan pasti Jakarta," kata Gibran, dikutip dari video yang diunggah di akun @ekosulistyo86, bekas relawan Jokowi yang menjadi komisaris PT PLN.