PAN Siap Dukung Gibran Maju Pilgub 2024, Jateng Atau DKI Kembali ke PDIP
Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi. (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/ed/ama/pri.)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang menyatakan siap maju di Pilgub 2024 apabila ditugaskan oleh PDIP.

PAN menilai, hal itu adalah hak Gibran sebagai warga negara untuk memilih dan dipilih dalam pesta demokrasi.  

"Jika Mas Gibran telah menyatakan siap menjadi calon gubernur di Pilkada 2024, itu adalah hal yang bagus. Karena konstitusi menjamin hak politik setiap warga negara untuk memilih dan di pilih melalui mekanisme demokrasi di pemilu atau pilkada," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi saat dikonfirmasi, Jumat, 20 Januari.

Viva mengatakan, PAN akan mendukung Gibran jika maju Pilgub 2024. Menurutnya, putra sulung Presiden Joko Widodo itu adalah representasi kaum muda dan generasi Z yang terjun ke dunia politik. 

Tentu kata Viva, hal tersebut dapat menjadi energi positif bagi generasinya untuk ikut aktif di dunia politik dan dapat memberi warna baru sesuai dengan konteks kebutuhan zamannya.

"Jika Mas Gibran maju di pilgub, PAN akan mendukung. Karena Mas Gibran memiliki visi, pekerja keras, dan menyintai rakyatnya," kata Viva.

Namun soal wilayah bertarung, Viva menegaskan, partai yang diketuai Zulkifli Hasan itu menyerahkan mekanismenya ke tangan PDIP.

"Persoalan apakah nanti maju di DKI atau Jawa Tengah, semua dikembalikan kepada mekanisme internal parpolnya, PDIP. Karena Mas Gibran adalah kader PDIP," tegasnya. 

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mengaku siap jika ditugaskan oleh Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju dalam Pilgub 2024. Meskipun, dia menegaskan tak berambisi ikut dalam kontestasi pemilihan kepada daerah tingkat provinsi itu.

 

"Saya siap, kalau ada penugasan. Itu bukan berarti aku mau nyagub (mencalonkan diri sebagai gubernur), enggak. Saya nunggu perintah," ujar Gibran di Solo Safari, Jumat, 20 Januari. 

"Nyagup kui opo to. Fokus di Solo dulu, nantilah" imbuhnya.