Bagikan:

JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta dan cagub Jawa Tengah pada Pemilu 2024 mendatang. Namun, Gibran harus terlebih dulu membuktikan kinerjanya di Solo.

"Tentu Mas Gibran harus membuktikan dulu kinerjanya di Solo," ujar Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi (Awiek) saat dihubungi VOI, Selasa, 24 Januari.

Menurut Awiek, bukti kinerja di Solo menjadi modal bagi Gibran untuk maju Pilgub 2024, baik DKI Jakarta atau Jateng. Sehingga putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan benar-benar siap jika ditugaskan partai.

"Saya kira beliau punya modal kalau bisa dan sukses mimpin Solo untuk maju ke pemilihan gubernur, baik itu di DKI atau Jawa Tengah," jelasnya.

"Hingga hari ini kan belum ada wacana, apakah beliau mau di mana. Tetapi setidaknya buktikan dulu dengan memimpin di Solo," sambung Awiek.

Jika sudah mampu memimpin kota Solo, tambahnya, maka Gibran punya bekal untuk ikut berkontestasi di Pilkada 2024.

"Kalau sukses mimpin kota Solo maka itu menjadi modal besar bagi mas Gibran untuk maju di Pilkada gubernur," kata Awiek.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mengaku siap jika ditugaskan oleh Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju dalam Pilgub 2024. Meskipun, dia menegaskan tak berambisi ikut dalam kontestasi pemilihan kepada daerah tingkat provinsi itu.

"Saya siap, kalau ada penugasan. Itu bukan berarti aku mau nyagub (mencalonkan diri sebagai gubernur), enggak. Saya nunggu perintah," ujar Gibran di Solo Safari, Jumat, 20 Januari.

"Nyagub kui opo to. Fokus di Solo dulu, nantilah" imbuhnya.