Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerindra siap mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang. Baik di Jawa Tengah maupun di DKI Jakarta.

"Gerindra siap mendukung Mas Gibran jika beliau ingin maju di Pilgub 2024," ujar Wakil Ketua Umum Gerindra Budisatrio Djiwandono, kepada wartawan, Rabu, 25 Januari.

Bahkan, dukungan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto kepada Gibran sudah diutarakan secara langsung sejak Juni 2022 lalu. Prabowo bilang itu saat Gibran berkunjung ke kediamannya di Hambalang, Jawa Barat.

"Rencana dukungan untuk Mas Gibran maju di Pilgub 2024 sebetulnya sudah diutarakan Pak Prabowo kepada Mas Gibran langsung di bulan Juni lalu, ketika beliau berkunjung ke kediaman Pak Prabowo di Hambalang," ungkapnya.

Apalagi, lanjut Budi, Gerindra menjadi partai pertama menyerahkan surat keputusan (SK) dukungan kepada Gibran saat maju ke Pilwalkot Solo 2020.

"Partai Gerindra adalah partai politik yang pertama menyerahkan SK dukungan kepada beliau saat maju di Pemilihan Walikota Solo," kata Budi.

Juru bicara Pemenangan Pilpres 2024 itu menyebut beberapa alasan Gerindra siap mendukung Gibran. Menurutnya, kemampuan putra sulung Presiden Jokowi itu visioner dan dinamis sebagai pemimpin muda.

Gibran, kata Budi, juga memiliki karakter tegas dan punya kemauan yang kuat untuk memajukan rakyat.

"Jadi dari awal kami siap mendukung Mas Gibran. Karena kami melihat kemampuan beliau sebagai pemimpin muda yang visioner dan dinamis, serta memiliki karakter yang tegas dan kemauan yang kuat untuk memajukan kehidupan rakyat," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, sudah terang-terangan bakal mendukung Gibran Rakabuming maju di Pilgub 2024. Menurutnya, Gibrab sebagai pemimpin muda berpotensi untuk menapak karier politik di jenjang yang lebih tinggi.

"Kalau saya (ditanya, red), saya dukung," ujar Prabowo saat bertandang ke rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Selasa, 24 Januari, malam.

Prabowo bilang, dirinya bahkan sudah sudah dari dulu mendukung Gibran. "Saya kira dari dulu saya dukung," kata Prabowo saat ditanya wartawan.