Tandingi Koalisi Perubahan, PAN Sebut Koalisi Prabowo Juga Bakal Bersama di Pilkada DKI 2024
Sekjen PAN Eddy Soeparno/DOK VOI-Nailin In Saroh

Bagikan:

JAKARTA -  Koalisi Perubahan yang beranggotakan Partai NasDem, PKB, dan PKS sepakat melanjutkan koalisi partai politik yang telah berjalan dalam Pilpres 2024 untuk dibawa ke Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Tak mau kalah, PAN menyebut partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024 juga akan tetap berkoalisi merebut kursi DKI 1. Adapun partai-partai di KIM, yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, Gelora, PBB, PSI, Garuda, dan PRIMA.

"Kita di Koalisi Indonesia Maju memang sudah bertekad dari awal bahwa koalisi ini tidak hanya merupakan koalisi permanen di DPR saja, tetapi juga di pilkada ya," ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno, Senin, 18 Maret. 

Eddy menuturkan, partai koalisi Prabowo-Gibran bakal duduk bersama membahas Pilgub DKI Jakarta 2024. Pihaknya, kata dia, akan terlebih dulu memetakan strategi komposisi koalisi di pilkada tiap daerah.  

"Memang semua tidak bisa dikerjasamakan, karena misalkan saat ini saja kita sudah memiliki kepala daerah yang bermitra dengan partai di luar Koalisi Indonesia Maju, ya ini kan kita akan bahas," tuturnya.

 

Meski ada potensi bekerjasama dengan partai-partai di luar KIM, Eddy memastikan pihaknya akan mendahulukan berkoalisi dengan parpol pendukung Prabowo-Gibran. 

"Tetapi kami akan mendahulukan Koalisi Indonesia Maju untuk bermitra koalisi dalam mengusung calon-calon kepala daerah ke depannya," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai NasDem, PKB, dan PKS sepakat untuk melanjutkan koalisi partai politik yang telah berjalan dalam Pilpres 2024 untuk dibawa ke Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Hal ini disampaikan usai pertemuan ketiga partai politik yang menghadirkan sekretaris jenderal (sekjen) ketiga partai dan pengurus di tingkat DKI Jakarta.

"Pertemuan malam ini sebetulnya kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa kami sungguh sungguh. Berusaha mempertahankan koalisi ini sampai Pilkada," kata Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret.