Gerindra Buka Peluang Duet Riza Patria dan Gibran Rakabuming Raka di Pilkada DKI 2024
Gibran Rakabuming (Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada tahun 2022. Namun, Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI bakal digelar tahun 2024, mengikuti jadwal Pilkada Serentak 2024.

Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Syarif menyebut pihaknya berpotensi besar mengusung Ahmad Riza Patria untuk menjadi calon Gubernur DKI 2024 mendatang. Mengingat, saat ini Riza telah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI dan Ketua DPD Gerindra DKI.

"Tentu Pak Riza lah, Pak Wakil Gubernur yang akan dinominasi untuk Pilgub DKI. Saya nanti terdepan yang bakal meminta Riza maju melalui Partai Gerindra. Memang keputusan partai mendorong ketua DPD memberikan kesempatan untuk mencalonkan," kata Syarif kepada VOI, Sabtu, 18 September.

Soal bursa Cagub DKI, saat ini berkembang rumor bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal maju pada Pilgub DKI Jakarta 2024 mendatang. Menanggapi hal itu, Syarif membuka peluang Riza dan Gibran untuk berpasangan dalam kontestasi politik tersebut.

"Berpeluang sekali (Riza dan Gibran berpasangan), tapi nanti kita lihat mekanismenya seperti apa. Politik itu kan dinamis. Tapi secara prinsip, dua tokoh ini bagus dan penerawangan saya dua tokoh ini potensial," ujar dia.

Syarif memandang, calon yang nantinya akan maju dalam pilgub mesti menunjukkan prestasinya. Mengingat, Jakarta merupakan Ibu Kota negara dengan tantangan yang cukup kompleks. Menurut Syarif, Gibran sudah memiliki peluang akan hal itu karena telah berpengalaman memimpin Kota Solo.

"Jakarta kan butuh orang-orang yang punya prestasi, yang punya gebrakan. Mas Gibran sih sangat bisa (maju Pilgub DKI). Secara perlahan tapi pasti dia sudah menunjukkan prestasinya," tutur Syarif.

Diketahui, rumor Gibran didorong maju pada kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2024 mendatang semakin naik ke permukaan publik. Rumor ini berkembang setelah Gibran berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan Top BUMD Awards 2021 dan memenuhi undangan acara donor darah dari PWNU DKI Jakarta.

Rumor semakin bereembus kala Gibran melontarkan pujian kepada Gubernur DKI Anies Baswedan soal penanganan pandemi COVID-19 di Ibu Kota. Bahkan, Gibran menganggap Anies merupakan role model kepala daerah lain.

Terkait