Gerindra Tangsel Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo, DKI Ikut Keputusan DPP
Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka/DOK Instagram @prabowo

Bagikan:

JAKARTA - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengusulkan agar Wali Kota Solo sekaligus putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menegaskan pihaknya mengikuti keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto. 

"Ya pokoknya kita DPD mengikuti keputusan DPP," tegas Ariza di Jakarta, Senin, 9 Oktober. 

Ariza menjelaskan, DPD Gerindra DKI tidak mengusulkan nama tertentu sebagai cawapres Prabowo. Dia memastikan DPD DKI akan menghormati keputusan Prabowo dan para ketua umum parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengenai nama cawapres. 

"Kalau kita mengikuti, kita menghormati keputusan daripada pak Prabowo dan partai koalisi. Jadi udah banyak yang mengusulkan dari relawan kemarin, relawan Samawi juga mengusulkan ke pak Prabowo sudah dijawab oleh pak Prabowo, bahwa apa yang disampaikan akan diteruskan ke pimpinan partai pengusung dan akan segera di rapatkan di musyawarahkan," jelasnya. 

 

Menurut Ariza, semua nama yang beredar punya peluang yang sama untuk menjadi pasangan duet menteri pertahanan itu pada pilpres mendatang. Termasuk Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo. 

"Tentu mas Gibran punya peluang dan potensi yang sama, dan peluang yang baik dengan calon yang lainnya. Seperti pak Airlangga, pak Erick Thohir, pak Yusril, ada yang mengusulkan Khofifah, ada yang mengusulkan mba Yenny Wahid, ada yang mengusulkan mas Gibran, semua punya peluang yang sama," katanya. 

Sebelumnya, DPC Gerindra Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengusulkan agar Gibran menjadi bakal cawapres Prabowo. Usulan tersebut diambil usai DPC Gerindra Tangsel melaksanakan Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) di BSD, Tangsel, Minggu, 8 Oktober. 

Mulanya, Ketua DPC Gerindra Kota Tangerang Selatan Li Claudia Chandra mengatakan, rakorcab tersebut bertujuan untuk meningkatkan soliditas antara kader dan simpatisan.

“Rakorcab ini dilaksanakan untuk meningkatkan soliditas antara kader dan simpatisan dalam rangka memenangkan Pak Prabowo Presiden dan Gerindra menang di Pemilu 2024 mendatang," kata Claudia di Tangsel, Minggu, 8 Oktober. 

Claudia lantas mengungkapkan, Rakorcab DPC Gerindra Tangsel telah menghasilkan rekomendasi berupa usulan Gibran menjadi bakal cawapres Prabowo.

“Dalam rakorcab ini, kami DPC Gerindra Kota Tangerang Selatan memberikan rekomendasi, yaitu mengusulan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi cawapres Pak Prabowo di Pilpres 2024 mendatang," katanya.