Banyak Usulan Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Gerindra Sebut Bakal Dibahas di Forum Koalisi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Dok Tim Media Prabowo)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pihak mengusulkan agar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Menanggapi hal ini, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria mengaku nama-nama yang diusulkan termasuk Gibran akan dipertimbangkan dalam forum pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju.

"Nama-nama yang diusulkan nanti akan disampaikan di forum musyarawah pimpinan partai koalisi Indonesia Maju dan diputuskan bersama. Insyaallah, kita tunggu saja," kata Riza ditemuai di Jakarta Selatan, Minggu, 8 Oktober.

Riza mengaku pihaknya telah menerima usulan putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut untuk mendampingi Prabowo. Salah satunya adalah Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

"Di luar itu juga banyak sekali organisasi relawan Pak Jokowi maupun pendukung relawan yang ikut mengusulkan Mas Gibran menjadi cawapres pak Prabowo," ungkap Riza.

Namun, tak hanya Gibran yang diusulkan menjadi cawapres Ketua Umum Gerindra tersebut. Masing-masing partai koalisi juga menyodorkan nama bakal cawapres untuk Prabowo.

"Pada waktunya tentu akan diumumkan siapakah nanti, bisa yang diusulkan oleh Golkar, Pak Airlngga. Bisa Pak Ridwan Kamil dari Golkar. Bisa diusulkan dari PAN, Pak Erick Thohir. Bisa juga pak Mahfud MD. Beredar juga usulan Mbak Khofifah. Mungkin juga yang lain," urainya.

Sebelumnya, Relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) mendeklarasikan dukungan terhadap bacapres Prabowo Subianto karena dinilai memiliki kemampuan memimpin bangsa Indonesia.

Dalam deklarasi tersebut Ketua Umum (Ketum) Samawi Muhammad Nahdy mengatakan bahwa Samawi mendukung Gibran sebagai bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Kami juga memandang bonus demografi harus direspons dengan keberpihakan yang nyata terhadap anak muda,” kata Nahdy di Jakarta, Sabtu, 7 Oktober.

Selain itu, DPC Gerindra Tangerang Selatan juga mengusulkan Gibran menjadi cawapres Prabowo dalam hasil rapat koordinasi cabang (Rakorcab).

Ketua DPC Tangsel, Li Claudia Chandra menjelaskannya alasannya memilih Gibran Rakabuming, karena dia dinilai cocok sebagai tokoh pemuda membawa Indonesia maju.

“Kami mengusulkan Pak Prabowo Subianto juga koalisi indonesia maju, wakil Pak Prabowo itu Pak Gibran. Karena beliau muda, terus Indonesia emas, Indonesia maju,” kata Li Claudia Chandra kepada wartawan di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Minggu, 8 Oktober.