Gibran Memang Potensial Maju di Pilgub DKI, Tapi Bagi Gerindra Lebih Baik Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/ DOK VOI- Rizky Adytia

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Syarif menanggapi rumor Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 mendatang.

Meski rumor tersebut belum dipastikan benar, Namun Syarif menganggap Gibran pantas untuk mengikuti kontestasi calon Gubernur (Cagub) DKI 2024 mendatang.

"Bagus. Memang Gibran kan tokoh potensial. Tapi, semua kan kembali kepada mekanisme pencalonan yang harus diusung oleh partai, sesuai ketentuan yang diatur dalam undang-undang," kata Syarif kepada VOI, Jumat, 17 September.

Syarif memandang, calon DKI 1 yang nantinya akan maju dalam pilgub mesti menunjukkan prestasinya. Mengingat Jakarta merupakan ibu kota negara dengan tantangan yang cukup kompleks. Menurut Syarif, Gibran sudah memiliki peluang akan hal itu karena telah berpengalaman memimpin Kota Solo.

"Jakarta kan butuh orang-orang yang punya prestasi, yang punya gebrakan. Mas Gibran sih sangat bisa (maju Pilgub DKI). Secara perlahan tapi pasti dia sudah menunjukkan prestasinya," tutur Syarif.

Namun, Syarif menegaskan pihaknya tetap akan mengusung Ahmad Riza Patria untuk menjadi Cagub DKI 2024 mendatang. Mengingat, saat ini Riza telah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI dan Ketua DPD Gerindra DKI.

"Tentu Pak Riza lah, Pak Wakil Gubernur yang akan dinominasi untuk Pilgub DKI. Saya nanti terdepan yang bakal meminta Riza maju melalui Partai Gerindra. Memang keputusan partai mendorong ketua DPD memberikan kesempatan untuk mencalonkan," tegasnya.

Tapi, Syarif mengaku Gerindra belum menyusun strategi pencalonan dalam kontestasi politik di Jakarta 2024 mendatang. Menurutnya, hal ini masih terlalu dini.

"Karena Wakil Gubernur DKI dari Gerindra, kita dorong jangan bicarakan pilkada dulu. Fokus, konsentrasi sebagai Wakil Gubernur, tuntasin masa jabatan. Baru nanti bicarakan lagi pada waktu yang tepat. Gerindra masih kepagian bicara kontestasi Pilkada 2024 nanti," pungkasnya.

Rumor Gibran didorong maju pada kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2024 mendatang semakin naik ke permukaan publik. Rumor ini berkembang setelah Gibran berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan Top BUMD Awards 2021 dan memenuhi undangan acara donor darah dari PWNU DKI Jakarta.

Rumor semakin bereembus kala Gibran melontarkan pujian kepada Gubernur DKI Anies Baswedan soal penanganan pandemi COVID-19 di Ibu Kota. Bahkan, Gibran menganggap Anies merupakan role model kepala daerah lain.