Kaesang Ungkap Keinginan Terjun ke Politik, NasDem: Mau Anak Presiden Anak Petani Semua Punya Hak yang Sama
Kaesang Pangarep (Instagram Kaesang)

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem merespons keinginan putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik. NasDem menilai, tidak ada yang mengejutkan dari niatan tersebut. 

Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali mengatakan, semua warga negara punya hak yang sama untuk berkarir melalui jalur politik. Politik, kata dia, terbuka baik bagi anak presiden maupun anak petani dan lainnya. 

"Ya, semua warga negara punya hak yang sama. Mau anak presiden, anak petani, semua punya hak yang sama ke politik," ujar Ahmad Ali saat dihubungi VOI, Selasa, 24 Januari. 

NasDem, tambah Ali, terbuka bagi siapa saja yang mau bergabung dan menjadi kader partai gerakan perubahan ini.

Tidak hanya untuk Kaesang, Ali memastikan, NasDem juga memperlakukan semua anak bangsa dengan setara. 

"NasDem pasti terbuka untuk siapa aja, mau anak petani, anak pejabat, sama aja," kata Ali. 

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik.

Gibran mengatakan, keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran di Surakarta, Jawa Tengah, Selasa 24 Januari, disitat Antara.

Meski demikian, ia belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak (Jokowi) juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tambahnya.

Gibran mengatakan ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi pada daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu juga sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

"Kalau saya lihat, misalnya Persis, itu kan yang kerja keras Kaesang. KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat," katanya memuji Kaesang.

Gibran juga berkesempatan mengajak Kaesang dan Jokowi ke beberapa proyek infrastruktur yang sedang dalam proses pengerjaan di Kota Surakarta.

"Kemarin kan kami ajak juga ke Solo Safari, Technopark, Ngarsopuro. Ya, melihat pembangunan-pembangunan di Solo. Pokoke ada ketertarikan untuk membangun, ikut membantu, lebih ke kontribusi," katanya.