PSI Ikutan Ajak Kaesang Gabung Partainya Giring Ganesha, Anggap Posisi Bos Perusahaan Bisa Jadi Bekal Politik
Kaesang Pangarep (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pintu lebar untuk Kaesang Pangarep bergabung sebagai kader partai yang dipimpin oleh Giring Ganesha itu.

Ajakan ini dilontarkan Juru Bicara DPP PSI Cheryl Tanzil setelah sejumlah partai mempersilakan putra bungsu Presiden Joko Widodo masuk ke dalam partainya.

“Politik membutuhkan darah segar, anak-anak muda dengan kreativitas dan imajinasi luas. Monggo, Mas Kaesang, bergabung dengan PSI. Kita bisa berjuang bersama, mempertahankan dan meningkatkan segala kebaikan kebijakan yang telah dimulai,” kata Cheryl dalam keterangannya, Kamis, 26 Januari.

Cheryl mengklaim bahwa Kaesang bisa cepat beradaptasi dan bertukar pikiran ketika masuk PSI. Sebab, PSI banyak diisi oleh para politikus muda. Bahkan, Cheryl menyebut posisi Kaesang sebagai bos perusahaan yang ia rintis bisa menjadi bekal politiknya.

"Ia memimpin Persis Solo. Mas Kaesang juga membesarkan sejumlah perusahaan. Ini adalah bekal awal yang memadai untuk berpolitik,” ujar dia.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik.

Gibran mengatakan, keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran.

Meski demikian, ia belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024. "Enggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak [Jokowi] juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tambahnya.

Gibran mengatakan ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi pada daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu juga sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

"Kalau saya lihat, misalnya Persis, itu kan yang kerja keras Kaesang. KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat," katanya memuji Kaesang.