Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menjawab berbagai kritik dari elite soal main tunjuk pihak lain jadi ketua umum PSI. Baginya apa yang berjalan di PSI saat ini justru relevan dengan semangat zaman. 

"Mungkin tidak lazim di tengah banyak partai yang posisi tertinggi partainya tidak berganti-ganti. Tapi faktanya di PSI begitu. Struktur itu soal bagaimana kita mencapai tujuan bersama, bisa rombak sesuai kebutuhan strategi partai. Jadi selalu relevan dengan semangat zaman," tegas Giring dalam pesan elektronik yang diterima wartawan di Jakarta, Senin, 25 September. 

Giring menyebutkan, dirinya merekomendasikan sosok Kaesang Pangarep yang baru bergabung di PSI menjadi ketua umum menggantikan dirinya.

Dalam Rapat Pleno KOPDARNAS malam ini, Giring akan meminta dewan pembina mengesahkan Kaesang sebagai Ketua Umum.

"Sudah saya katakan 'Sudah saatnya mengembalikan partai ini ke pemilik sebenarnya.' Saat itu saya sudah sampaikan rekomendasi ke partai, bahwa anak muda itu adalah Mas Kaesang Pangarep. Jadi tidak ada itu suksesi tiba-tiba atau dadakan di PSI. Semua sudah sesuai mekanisme organisasi," tegas dia.

Giring menyebut dirinya sudah tiga bulan terakhir berkomunikasi intens dengan Kaesang serta kader PSI di daerah.

"Semangatnya PSI harus lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 yang akan datang. Itu aspirasi semua kader di PSI," tegas dia.