Hasto Soal Cawapres Pendamping Ganjar: Ada Mr X, Bisa Juga Mrs X
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (DOK VOI/Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) menyebut calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa saja sosok perempuan bukan hanya laki-laki. Tapi, partai ini masih menutup rapat siapa nama yang akan diumumkan.

Hal ini disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ketika disinggung soal cawapres Ganjar akan dimunculkan atau tidak saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV pada Jumat, 29 September hingga Minggu, 1 Oktober. Katanya, partai berlambang banteng ini masih menunggu momentum yang tepat.

“Pendaftaran di KPU sendiri itu, kan, baru dilakukan pada 19 Oktober,” kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 25 September.

“Sehingga dalam konteks itu, kami akan mencari momentum yang sangat baik, momentum yang tepat, kalkulasi secara politik yang matang dan kesiapan dari jajaran tim pemenangan yang sudah dibentuk hingga ke daerah-daerah,” sambungnya.

Lebih lanjut, Hasto bilang Rakernas IV PDIP ini bukan hanya fokus pada Pilpres 2024. Dalam kegiatan itu, sejumlah pembahasan akan dilakukan untuk menciptakan kedaulatan pangan dalam negeri.

“Jadi skala prioritas sekarang adalah mempertajam narasi tentang masa depan Indonesia yang akan diusung oleh Pak Ganjar dan Mr X nya dan kemudian … juga bisa Mrs X. Gitu kan,” tegasnya.

Hasto belum memerinci soal Mrs X itu. Tapi, sosok perempuan turut dipertimbangkan dalam daftar cawapres Ganjar karena sumbangsihnya dalam perjalanan bangsa.

“Pengumuman itu tunggu tanggal mainnya. Bisa mendekati saat-saat pendaftaran, bisa juga jauh sebelumnya, selama pembentukan tim pemenangan nasional ini kan harus dilakukan dulu sampai ke daerah-daerah,” pungkasnya.