Soal Kehadiran Mr atau Mrs X Cawapres Ganjar di Rakernas IV PDIP, Hasto: Kita Lihat Saja
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Foto: Dok. PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, siapapun yang memiliki kedekatan emosional dengan partainya akan diundang ke pembukaan Rakernas IV pada Jumat, 29 September.

Hal ini disampaikan Hasto setelah meninjau pelaksanaan gladi kotor bersama Ketua DPP PDIP yang juga anak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 28 September.

“Yang kami undang adalah mereka yang karena fungsional, karena emotional bonding bersama dengan PDI Perjuangan,” kata Hasto kepada wartawan.

Sementara soal calon pendamping Ganjar yang sempat disebut sebagai Mr atau Mrs X, Hasto belum mau berspekulasi. Dia hanya minta semuan memantau kegiatan yang bakal dimulai sejak pukul 14.00 WIB.

“Besok kita lihat saja dari yang datang di situ, kita lihat,” tegasnya.

Lagi pula, kata dia, pengumuman cawapres Ganjar bakal disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Namun, Hasto bilang, sosok perempuan sebagai pendamping eks Gubernur Jawa Tengah tersebut memang diperhitungkan.

“Hanya di PDI Perjuangan yang namanya pemimpin perempuan paling banyak, anggota DPR RI paling banyak, kepala daerah perempuan paling banyak,” ungkap Hasto.

“Apakah mereka akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Pak Ganjar Pranowo? Tunggu pengumuman dari ibu Megawati,” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Hasto sempat mengungkap cawapres Ganjar bukan hanya laki-laki tapi bisa juga perempuan. Pernyataan itu disampaikannya menanggapi kemungkinan hadir tidaknya sosok tersebut saat Rakernas IV PDIP.

Awalnya, Hasto bilang, Rakernas IV ini akan fokus pada isu pangan. PDIP ingin kedaulatan pangan ke depan bisa terlaksana.

Sementara soal pengumuman cawapres, kata Hasto, waktunya masih panjang. Sebab, pendaftaran capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan dilaksanakan pada 19-26 Oktober.

“Jadi skala prioritas sekarang adalah mempertajam narasi tentang masa depan Indonesia yang akan diusung oleh Pak Ganjar dan Mr X nya dan kemudian … juga bisa Mrs X. Gitu kan,” ujar Hasto kepada wartawan di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 25 September.