Kaesang Jadi Ketum PSI, Giring Ganesha Jabat Anggota Dewan Pembina
Kaesang Pangarep diumumkan sebagai Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI)/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Giring Ganesha resmi melepas jabatannya sebagai Ketua Umum PSI sejak tahun 2021 dan telah digantikan oleh Kaesang Pangarep. Kini, Giring masih mengemban jabatan penting dalam struktur partai.

Giring kini diangkat sebagai anggota Dewan Pembina PSI. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI.

"Pengangkatan Bro Giring Ganesha sebagai Anggota Dewan Pembina DPP PSI atas jasa dan dedikasinya terhadap PSI. SK ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya, dan berakhir sesuai aturan AD/ART PSI," kata Grace di Djakarta Theater, Senin, 25 September.

Selain itu, partai berlambang mawar ini juga mengangkat Plt Sekretaris Jenderal PSI Isyana Bagus Oka menjadi Anggota Dewan Pembina PSI.

Kemudian, Jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI kini kembali diisi oleh Raja Juli Antoni. Raja Juli sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Sekjen PSI sebelum kemudian menjadi Sekretaris Dewan Pembina PSI.

Dalam acara ini, pengangkatan Kaesang sebagai Ketum PSI resmi dilakukan. Sebelum nama Kaesang diumumkan, para kader PSI sudah menyerukan nama putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut. Sampai akhirnya, pembacaan surat keputusan Dewan Pembina PSI mengungkap nama Kaesang.

"Pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia periode 2023-2028," ujar Grace.

Usai diumumkan, Kaesang masuk ke dalam ruangan dengan senyum semringah. Ia langsung naik ke atas panggung dengan mengenakan kemeja kotak-kotak berwarna putih, biru, dan merah. Kemeja ini mirip dengan pakaian khas Jokowi selama berkampanye di Pilkada DKI.

Usai resmi diumumkan, Grace menyerahkan surat keputusan kepada Kaesang. Tak lupa, Kaesang juga membawa istrinya, Erina Gudono untuk naik ke atas panggung.

Kaesang bergabung dengan PSI ditandai dengan penyerahan kartu tanda anggota (KTA) partai kepada Kaesang oleh Ketua Umum PSI, Giring Ganesha, di depan kediaman pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara Nomor 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu, 23 September.

Giring Ganesha, Ketua Umum PSI sebelum Kaesang menjabat mengaku dirinyalah yang meminta Kaesang untuk menggantikan dirinya. Hal ini juga telah Giring sampaikan kepada Dewan Pembina PSI.

"Hari ini saya akan pimpin Rapat Pleno Kopdarnas untuk segera meminta Dewan pembina mengesahkan Mas Kaesang sebagai ketua umum," kata Giring dalam keterangannya.

Giring mengklaim sudah lama melakukan komunikasi dengan Kaesang. Sebelum akhirnya Kaesang bergabung ke PSI, Giring menyampaikan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut sangat pantas mengemban jabatan ketua umum.

"Sejak video saya yang keluar beberapa waktu lalu, sudah saya katakan, 'sudah saatnya mengembalikan partai ini ke pemilik sebenarnya'. Saat itu saya sudah sampaikan rekomendasi ke partai, bahwa anak muda itu adalah Mas Kaesang Pangarep. Jadi tidak ada itu suksesi tiba-tiba atau dadakan di PSI. Semua sudah sesuai mekanisme organisasi," ungkap Giring.

 

Terkait