DKI Bagi-bagi 'Kado' Sambut HUT ke-495, Warga Bisa Masuk 11 Museum Ini Gratis
Photo by Aeira G on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menggratiskan kunjungan 11 museum pada peringatan hari ulang tahun Jakarta bertajuk Jakarta Hajatan ke-495, Rabu, 22 Juni.

"Jakarta akan berulang tahun ke-495. Dalam menyemarakkan Jakarta Hajatan, kamu bisa kunjungi museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta secara gratis pada Rabu, 22 Juni 2022," tulis keterangan Pemprov DKI dalam akun Instagram dkijakarta, Selasa, 21 Juni.

Kesebelas museum yang dimaksud adalah Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Onrust, Rumah Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

Museum-museum ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, dengan jam operasional mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajaran Pemprov DKI menggelar rangkaian perayaan HUT ke-495 Kota Jakarta pada tahun ini. Perayaan HUT DKI ini diselenggarakan secara meriah setelah dua tahun digelar secara virtual karena pandemi COVID-19.

Perayaan bertajuk "Jakarta Hajatan" dengan tema "Kolaborasi, Akselarasi, dan Elevasi" ini digelar dalam beberapa rangkaian acara pada tanggal 24 Mei hingga puncak acara pada 25 Juni 2022 mendatang.

Rangkaian perayaan Jakarta Hajatan ke-495 dibuka dengan Pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 (Opening Ceremony: Jakarta’s 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching) oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada Selasa, 24 Mei lalu.

Rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi dengan berbagai acara yakni, Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz, Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, +Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), hingga Pekan Kolaborasi Daerah.

Pada 22 Juni esok, peringatan HUT DKI diawali dengan upacara HUT ke-495 Kota Jakarta di Monas, dilanjutkan sidang paripurna DPRD, rapat kerja Gubernur Jabodetabekpunjur, dan malam resepsi Jakarta Hajatan.

Jakarta Hajatan ke-495 akan ditutup dengan malam puncak atau closing ceremony di Jakarta International Stadium pada 25 Juni 2022.