Terisolasi, Beruang Kutub di Greenland Mampu Beradaptasi dengan Perubahan Iklim
Ilustrasi beruang kutub. (Wikimedia Commons/AWeith)

JAKARTA - Populasi beruang kutub yang terisolasi di Greenland telah membuat adaptasi yang cerdas, terhadap penurunan es laut yang mereka andalkan sebagai platform untuk berburu anjing laut, menawarkan secercah harapan bagi spesies ini setidaknya di beberapa tempat di Kutub Utara yang memanas.

Populasi beberapa ratus beruang ini, yang menghuni bagian dari pantai tenggara Greenland di Selat Denmark, telah bertahan hidup hanya dengan akses singkat ke es yang terbentuk dari air laut beku dengan berburu, bukan dari bongkahan es air tawar yang terlepas dari Lapisan Es Greenland yang besar, kata para peneliti di Kamis lalu.

"Mereka bertahan hidup di fjord yang bebas es laut selama lebih dari delapan bulan dalam setahun, karena mereka memiliki akses ke gletser, air tawar, es tempat mereka dapat berburu. Habitat ini, yang berarti es gletser, jarang ditemukan di sebagian besar Arktik," kata ilmuwan kutub Universitas Washington Kristin Laidre, penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal 'Science' seperti melansir Reuters 17 Juni.

Mereka ditemukan sebagai beruang kutub yang paling terisolasi secara genetik di dunia, berbeda dari 19 populasi spesies lainnya yang diketahui. Mereka telah hampir seluruhnya terputus dari beruang kutub lain setidaknya selama beberapa ratus tahun, tanpa bukti kepergian apapun, meskipun beberapa bukti kedatangan sesekali dari tempat lain.

ilustrasi beruang kutub
Ilustrasi beruang kutub. (Wikimedia Commons/USGS Steven Amstrup)

Beruang-beruang ini "hidup di tepi apa yang kami yakini mungkin secara fisiologis," terang ahli biologi molekuler evolusioner dan rekan penulis studi Beth Shapiro dari University of California, Santa Cruz dan Howard Hughes Medical Institute.

"Beruang-beruang ini tidak berkembang. Mereka berkembang biak lebih lambat, ukurannya lebih kecil. Tapi, yang terpenting, mereka bertahan hidup. Sulit untuk mengetahui apakah perbedaan ini didorong oleh adaptasi genetik atau hanya oleh respons berbeda dari beruang kutub. iklim dan habitat yang sangat berbeda," tambah Shapiro.

Beruang kutub, berjumlah sekitar 26.000, sangat terancam oleh perubahan iklim, karena kenaikan suhu membentuk kembali lanskap Arktik dan membuat mereka kehilangan platform es laut yang biasa mereka gunakan, untuk berburu mangsa utama mereka, anjing laut bercincin dan anjing laut berjanggut.

"Hilangnya es laut Arktik masih menjadi ancaman utama bagi semua beruang kutub. Studi ini tidak mengubah itu," terang Laidre.

Diketahui, populasi Greenland tenggara secara geografis dikelilingi, dengan puncak gunung bergerigi dan Lapisan Es Greenland di satu sisi dan laut terbuka di sisi lain.

Di musim semi, beruang berkeliaran di es laut dan gletser, dengan gunung es yang membeku menjadi es laut. Sementara di musim panas, ada perairan terbuka dengan potongan es glasial yang mengambang di bagian depan gletser, tempat beruang berburu. Jenis habitat ini hanya ditemukan di bagian Greenland dan Svalbard, sebuah kepulauan Samudra Arktik.

"Penggunaan es gletser ini belum pernah didokumentasikan sebelumnya dan mewakili perilaku yang unik," ungkap John Whiteman, kepala ilmuwan penelitian untuk kelompok konservasi Polar Bears International dan seorang profesor biologi di Old Dominion University di Virginia, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

ilustrasi beruang kutub
Ilustrasi beruang kutub. (Wikimedia Commons/NOAA National Ice Center/Collection of Dr. Pablo Clemente-Colon)

"Studi ini juga harus mendorong pencarian habitat serupa di seluruh rentang beruang kutub saat ini. Namun, es glasial adalah komponen kecil dari lapisan es laut di Kutub Utara, dibandingkan dengan es yang terbentuk dari air laut yang membeku," papar Whiteman.

Para peneliti mengumpulkan data genetik, pergerakan dan populasi termasuk pelacakan satelit dari beberapa beruang dan mengamati mereka dari helikopter.

"Mereka hanya terlihat seperti titik kuning kecil di atas es putih, atau Anda mengikuti jejak mereka di salju untuk menemukannya," tukas Laidre.

Sementara Shapiro mengatakan, temuan itu dapat memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana beruang kutub bertahan dari periode hangat sebelumnya selama kira-kira 500.000 tahun, sejak mereka berpisah secara evolusioner dari beruang coklat.

"Beruang kutub dalam masalah," tambah Shapiro.

"Jelas bahwa jika kita tidak dapat memperlambat laju pemanasan global, beruang kutub akan punah. Semakin banyak kita dapat belajar tentang spesies yang luar biasa ini, semakin baik kemampuan kita untuk membantu mereka bertahan hidup di masa depan, 50 sampai 100 tahun."